SOSIALISASI CAPACITY BUILDING LEADERSHIP DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SATUAN PENDIDIKAN

Toto Suryadi, Ita Yunita, M. Asif Nur Fauzi

Abstract


Strengthening leadership capacity is key to continuously improving the quality of educational institutions. This community service activity aimed to disseminate the concept and practice of capacity-building leadership to principals, vice principals, and educators, equipping them as agents of change in the educational environment. The implementation method included material delivery, interactive discussions, and case studies based on real-life problems in educational institutions. The dissemination material covered understanding of transformative leadership, educational quality management, data-driven decision-making, and strategies for building a collaborative and innovative work culture. The results demonstrated an increased understanding among participants of the importance of adaptive and visionary leadership in driving improvements in the quality of learning and school management. This activity is expected to be the first step in building a more resilient educational ecosystem that is responsive to the challenges of the times.

Penguatan kapasitas kepemimpinan (Capacity building leadership) menjadi kunci dalam upaya peningkatan mutu satuan pendidikan secara berkelanjutan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyosialisasikan konsep dan praktik Capacity building leadership kepada para kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan tenaga pendidik sebagai agen perubahan di lingkungan pendidikan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi penyampaian materi, diskusi interaktif, dan studi kasus berbasis permasalahan nyata di satuan pendidikan. Materi sosialisasi mencakup pemahaman tentang kepemimpinan transformatif, manajemen mutu pendidikan, pengambilan keputusan berbasis data, serta strategi membangun budaya kerja kolaboratif dan inovatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap pentingnya kepemimpinan yang adaptif dan visioner dalam mendorong peningkatan kualitas pembelajaran dan pengelolaan sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun ekosistem pendidikan yang lebih tangguh dan responsif terhadap tantangan zaman

Full Text:

PDF

References


Ahmad, D. S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya-upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 72–82. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.115

Ardiansyah, M., Basri, S., & Irmawati, I. (2022). Analisis Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dasar. Jambura : Journal of Educational Management, 3(1), 28–43. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1263

Babullah, R., Istikhori, I., Neneng, N., Natadireja, U., & Nurafifah, S. (2024). Urgensi Kepemimpinan Yang Unggul Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Aksi Nyata : Jurnal Pengabdian Sosial Dan Kemanusiaan, 1(3), 60–78. https://doi.org/10.62383/aksinyata.v1i3.286

Hennessy, M. (2022). Great Leadership is Timeless: Lessons from Outstanding Military Leaders. The Journal of Intelligence, Conflict, and Warfare, 4(3), 142–146. https://doi.org/10.21810/jicw.v4i3.4163

Komara, E., Apip, M., Sukamto, & Marup. (2023). Aktualisasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Berbasis Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kualitas Mutu Sekolah. ADABUNA : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 3(1), 46–59. https://doi.org/10.38073/adabuna.v3i1.1261

Nabila, A. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan. ABILITY : Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 56–63. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i1.390

Nurhayati, N., Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah, M. (2022). Kinerja Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JMPIS : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 634–644. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1009

Rahman, M. A. (2022). Gerakan Pengembangan Standar Sarana dan Prasarana dan Standar Pengolahan Sekolah Pada Pembelajaran Siswa. Education Journal, 2(1), 135–150. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/82

Ristianah, N., & Ma’sum, T. (2022). Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. TABYIN: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 45–55. https://doi.org/10.52166/tabyin.v4i01.169

Suhartini, Y. (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Edupreneurship di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Riset Daerah, 22(4), 4356–4376. https://ojs.bantulkab.go.id/index.php/jrd/article/view/85

Syaripah, I. M. (2023). Pentingnya Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Di SMK Ma’arif Cijulang. Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner, 1(1), 101–106. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/1790

Yani, F., Putra, R., Purnama, I., Suharti, S., Aprila, B. N., Saputra, H., & Rusilawati, E. (2024). Pelatihan Capacity Building. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 20–25. https://doi.org/10.35145/judikat.v4i1.4394




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol3no2.922

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 ita yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :