MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA DINI DENGAN SENI PERAN “AKU BISA”

Annafi Nurul Ilmi Azizah, Anjar Fitrianti, Aurelia Keisha Wijaya, Karina Erna Ramadhani, Khofifah Aulia, Marfuah Amarwati, Nadya Eka Maharani, Sindi Aulia

Abstract


The importance of character building and self-confidence from an early age serves as the foundation for implementing acting activities at TK Al Fida 3 Kartasura. This activity is presented in the form of a drama performance titled "Aku Bisa," which aims to enhance self-confidence, courage, and empathy in children. The methods used in the community service program include activity preparation, initial observation and identification of needs, implementation/performance of the drama, as well as reflection and evaluation. The PkM team is the leading actor, with 11 children serving as active audience members, and three teachers participating as activity facilitators. The results of the activity show that children experience increased self-confidence, courage to speak, and show empathy to others. Teachers also said that this approach is practical in stimulating aspects of children's social-emotional development.

Pentingnya pembentukan karakter dan kepercayaan diri sejak usia dini menjadi latar belakang pelaksanaan kegiatan seni peran di TK Al Fida 3 Kartasura. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pementasan drama berjudul “Aku Bisa” yang bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, keberanian, dan empati pada diri anak. Metode yang digunakan dalam program pengabdian mencakup persiapan kegiatan, observasi awal dan identifikasi kebutuhan, pelaksanaan/pementasan drama, serta refleksi dan evaluasi. Tim PkM menjadi pemeran utama, 11 anak sebagai penonton aktif, dan 3 guru turut serta sebagai fasilitator kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak mengalami peningkatan rasa percaya diri, keberanian untuk berbicara, dan menunjukkan rasa empati kepada orang lain. Guru juga menyampaikan bahwa pendekatan ini efektif dalam menstimulasi aspek perkembangan sosial-emosional anak.


Full Text:

PDF

References


Amelya, A., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bermain Peran. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 459–470. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.577.

Daulay, L. S., & Khadijah. (2023). Hakikat Bermain Sosio Drama Dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 8–12. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no2.a8250

Fitriani, Y., & Rokhman, N. M. (2023). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran Makro pada Kelas B TK Mekar Sari Palembang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan …, 3(9), 825–836. https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p825-836

Fitroh, S. F., & Sari, E. D. N. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76–149. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2606

Madrisah, Ahmad, A., & Fauzia, S. N. (2020). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini dengan Metode Bermain Peran Makro di PAUD Bungong Tanjung Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(2), 10–21.

Maisaroh, & Dewi, Y. A. S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Sentra Seni Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Ra Al-Ishlah Wonorejo. The 3rd Annual International Conference on Islamic Education, 247–260.

Nikmah, F., Izzati, U. A., & Darminto, E. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Berbasis Profesi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 295–308. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.487

Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806–2812. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782

Novitasari, K., & Utami, N. R. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Multisensori Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini. Jurnal Cikal Cendekia, 02(02), 55–65.

Novriadi, F., Mayar, F., & Desyandri. (2023). Memperkenalkan drama musikal untuk membangun kreativitas. Journal Of Social Science Research, 3(2), 5757–5768.

Oli Mora Otasia. (2022). Analisis Penanaman Karakter Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Di Tk Al-Amanah. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 1–150.

Putri, F. N., & Aqilah, F. S. (2024). Peran Pentas Drama Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. BUHUTS AL-ATHFAL : Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2), 147–161.

Rahmayanti, A. I., Kurnia, A., & Nurdiansah, N. (2022). Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Seni Anak Usia Dini. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 9–20. https://doi.org/https://doi.org/10.53398/jr.v2i2.187

Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845

Yunifia, R. N., & Wardhani, J. D. (2023). Efektifitas Bermain Peran terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2163–2176. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4191




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol3no2.864

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 ANNAFI NURUL ILMI AZIZAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :