PELATIHAN OPTIMALISASI DIRI DENGAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS, MANAJEMEN WAKTU, DAN MOTIVASI MENUJU DUNIA KERJA
Abstract
The development of Artificial Intelligence (AI) technology has brought significant changes to various aspects of life, including the world of education and job preparation for Vocational High School (SMK) students. However, many vocational high school students still face challenges in time management, learning motivation, and effectively utilising technology. This activity aims to enhance vocational high school students' skills through training in time management, self-motivation, and the application of AI technology, thereby increasing productivity and readiness for the workforce. The method used is a participatory-educational approach, involving 80 students in grades XI and XII from the Computer and Network Engineering, Accounting, and Online Business and Marketing departments at SMK Kartika X West Jakarta. The training was conducted over one week, offline, with interactive sessions, group discussions, hands-on practice, and reflection. The material covered an introduction to AI, time management strategies, techniques for maintaining motivation, and the application of AI for enhancing learning and productivity. The training results demonstrated significant improvements in students' time management skills, learning motivation, and proficiency in AI technology. Participants became more adept at managing time effectively, maintaining learning motivation, and utilising AI applications to support learning activities and job preparation.
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan dan persiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun, banyak siswa SMK masih menghadapi tantangan dalam manajemen waktu, motivasi belajar, dan pemanfaatan teknologi secara optimal. Kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan diri siswa SMK melalui pelatihan pengelolaan waktu, motivasi diri, dan pemanfaatan teknologi AI untuk meningkatkan produktivitas dan kesiapan menghadapi dunia kerja. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif-edukatif, melibatkan 80 siswa kelas XI dan XII dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi, serta Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Kartika X Jakarta Barat. Pelatihan dilaksanakan selama satu minggu secara luring dengan sesi interaktif, diskusi kelompok, praktik langsung, dan refleksi. Materi mencakup pengenalan AI, strategi manajemen waktu, teknik menjaga motivasi, dan pemanfaatan AI untuk produktivitas belajar. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan manajemen waktu, motivasi belajar, serta literasi teknologi AI siswa. Peserta menjadi lebih mampu mengelola waktu secara efektif, menjaga motivasi belajar, dan menggunakan aplikasi AI untuk mendukung aktivitas belajar dan persiapan kerja.
Full Text:
PDFReferences
Arisanti, I., Rasmita, R., Kasim, M., Mardikawati, B., & Murthada, M. (2024). Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5195–5205. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8455
Astuti, S. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smkn 3 Metro. https://doi.org/https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4449/
Hamdani, F., Fauzia, A., Efendi, L. A., Liani, S. S., Togatorop, M., Ramadhani, R. W., & Yunita, Y. (2022). Pentingnya pengembangan soft skills generasi milenial dalam menghadapi tantangan pasca pandemi covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 485–494. https://doi.org/doi.org/10.47679/ib.2022245
Jasmari. (2024). Pengaruh Pembelajaran Literasi Digital Terhadap Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Kelas Iv Di Sd Kristen Agape Terpadu. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(4), 333–340.
Junedi, B., Mutaqin, R., Kania, S. A., Khatimah, V. K., & Tohariah, N. A. (2024). Membangun Soft Skill dan Hard Skill Siswa SMK pada Era Digital. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 23–27. https://doi.org/doi.org/10.56910/sewagati.v3i1.1346
Kemendikbudristek, K. (2021). Buku saku rapor pendidikan Indonesia untuk satuan pendidikan: rapot pendidikan indentifikasi, refleksi, benahi. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Khairunnisa, I., & Purnamasari, I. (2024). Literasi Digital Terhadap Kesiapan Dan Minat Kerja Siswa Smk Terpadu Sinar Islam. X(November), 74–81. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/jut.v10i2.3103
Niayah. (2024). Transformasi Pendidikan Di Era Digital: Implementasi Ai Dan Pembelajaran Adaptif Di Smk Darul Kamal Nw Kembang-Kerang. November, 189–201. https://doi.org/https://ejournal.merivamedia.com/index.php/meriva/article/view/26?utm_source=chatgpt.com
Rahmadani, P. N., Arthur, R., & Maulana, A. (2023). Integrasi konsep literasi vokasional untuk mengembangkan berpikir kritis pada siswa SMK: Sebuah kajian pustaka. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 817–826. https://doi.org/doi.org/10.58812/jpdws.v3i02
Rifai, Z. D., & Khoeron, S. (2023). Analisis tingkat kemampuan literasi digital siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Buletin Perpustakaan, 6(2), 239–261. https://doi.org/https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/vie
Sutrisno, & Amalia, R. P. (2025). Studi oleh Rahmadani (2019) menekankan bahwa literasi digital merupakan kompetensi kunci di era Industri 4.0, dengan pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik siswa. 18(1), 36–74. https://doi.org/doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.85463
Winarno, A., & Ashari, V. D. (2022). Hubungan antara literasi tik dan motivasi terhadap hasil belajar siswa smk. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 68–75. https://doi.org/doi.org/10.30998/sap.v7i1.12826
DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol3no2.858
Article Metrics
Abstract view : 42 timesPDF - 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Usanto S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :