PENGUATAN NILAI KARAKTER KESADARAN ANTI BULLYING PADA ANAK MELALUI PERTUNJUKAN SOSIODRAMA

Annafi Nurul Ilmi Azizah, Al Mardita, Hanifah Adya Tsabitha, Nova Ramadhania, Rochdiyah Kurnia Salma, Firkha Naili Muna, Dwi Ayu Aprilianingrum, Arina Makarima

Abstract


This community service project aims to strengthen anti-Bullying values in early childhood through sociodrama activities at Perwanida Gatak Kindergarten. Bullying is a social problem that can negatively impact children's psychological and social development. Therefore, instilling anti-Bullying values from an early age is crucial through engaging and interactive methods. Sociodrama was chosen as a learning medium because it can depict real situations dramatically and actively involve children in different social roles. This performance showcases various forms of Bullying and offers solutions to address them. The methods used include activity preparation, initial observation and identification of needs, implementation/performance of the drama, and reflection and evaluation. The results of the community service show an increase in children's awareness of the importance of respecting friends, rejecting Bullying behavior, and fostering empathy and cooperation. Sociodrama has proven effective as a fun character education tool, building a positive and safe learning environment for early childhood.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai anti-Bullying pada anak usia dini melalui kegiatan sosiodrama di TK Perwanida Gatak. Bullying merupakan masalah sosial yang dapat berdampak negatif pada perkembangan psikologis dan sosial anak. Oleh karena itu, penanaman nilai anti-Bullying sejak dini sangat penting dilakukan melalui metode yang menarik dan interaktif. Sosiodrama dipilih sebagai media pembelajaran karena dapat menggambarkan situasi nyata secara dramatik dan melibatkan anak secara aktif dalam peran-peran sosial yang berbeda. Pertunjukan ini menggambarkan berbagai bentuk Bullying dan solusi penyelesaiannya. Metode yang digunakan mencakup Persiapan kegiatan, Observasi awal dan Identifikasi Kebutuhan, Pelaksanaan/Pementasan Drama, serta Refleksi dan Evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan kesadaran anak tentang pentingnya menghargai teman, menolak perilaku Bullying, serta menumbuhkan sikap empati dan kerja sama. Sosiodrama terbukti efektif sebagai sarana edukasi karakter yang menyenangkan dan mampu membangun lingkungan belajar yang positif dan aman bagi anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Ambarini, R., Indrariani, E., & Zahraini, A. (2018). Antisipasi Pencegahan Bullying Sedini Mungkin: Program Anti Bullying Terintegrasi Untuk Anak Usia Dini. Journal of Dedicators Community, 2(2), 64–82. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i2.587

Amini, M., & Mariyati, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101–2113. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128

Anggraeni, R., Nisa, K., & Hasnawati. (2023). Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 254–259.

Anwar, R. N., Brillian, A., Saputra, S., Muqorrobin, F., Ukhtin, N., Asna, W., Maghfiroh, F., & Firdausi, Z. El. (2025). Penguatan Karakter Siswa Melalui Sosialisasi Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar. J-PKM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 38–44. https://doi.org/https://jurnalinspirasimodern.com/index.php/J-PKM/article/view/123

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Lestari, W. A. P., Dewi, N. K., & Nisa, K. (2024). Pengaruh Metode Sosiodrama terhadap Kepedulian Sosial Siswa dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 79.

Munawarah, R. R. D. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 15–32.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Purnama, F., Herman, H., & Saodi, S. (2018). Perilaku Bullying Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal I Cabang Bara-Baraya Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 8(1), 41. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4480

Puspita, E. A., Jahju Hartanti, & Elia Firda Mufida. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Perilaku Cyber bullying pada Remaja. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 76–86. https://doi.org/10.19105/ec.v4i1.7023

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246

Rena, S., Marfita, R., & Padilah, S. (2021). Ponny Retno Astuti, Cara Meredam Bullying (Jakarta: PT. Gramedia Widasarana Indonesia, 2008), 2. 1 78. Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 5(1), 78–88.

Wulandari, H., & Ningsih, S. A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Melawan Aksi Bullying Era Revolusi 5.0. Innovative : Journal Of Socisl Sciece Research, 3(2), 14773–14787.

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57.




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol3no2.835

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 ANNAFI NURUL ILMI AZIZAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :