MERAJUT MIMPI ANAK SEJAK DINI: DRAMA KOLOSAL SEBAGAI MEDIA EDUKASI NILAI-NILAI POSITIF

Annafi Nurul Ilmi Azizah, Marzuqoh Nabilah Firyal, Rahma Widia Wati, Saffa Maharani, Vitaria Aqatha, Muti’ah Muti’ah, Dewi Andini Nurhayati, Revalya Ananta Zahra

Abstract


This community service aims to educate early childhood about positive values through role-playing activities in the form of a colossal drama entitled “My Ambition, My Dream”. Early childhood is a rapid stage of character development, so it requires a creative approach that is engaging and taps into the emotional aspects. Colossal drama was chosen as an educational medium because it can stimulate imagination, foster self-expression, and serve as an effective means of conveying moral messages. This activity was carried out at Insan Kamil Kartasura Kindergarten. The method used includes Preparation of activities, Initial observation and identification of needs, implementation of drama performance, and Reflection and Evaluation. The positive values instilled include the spirit of achieving goals, cooperation, self-confidence, discipline, and a sense of responsibility. The results of the activity showed that the children were able to understand the messages conveyed in the story. This activity proves that drama can be an effective educational method in instilling positive values in children from an early age.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi anak usia dini tentang nilai-nilai positif melalui kegiatan seni peran dalam bentuk drama kolosal berjudul "Cita-Citaku, Mimpiku". Anak usia dini berada pada tahap perkembangan karakter yang sangat pesat, sehingga perlu pendekatan yang kreatif, menyenangkan, dan menyentuh aspek emosional. Drama kolosal dipilih sebagai media edukasi karena mampu merangsang imajinasi, melatih ekspresi diri, serta menjadi sarana efektif dalam menyampaikan pesan moral. Kegiatan ini dilaksanakan di TK Insan Kamil Kartasura. Metode yang digunakan mencakup Persiapan kegiatan, Observasi awal dan Identifikasi Kebutuhan, Pelaksanaan / Pementasan Drama, serta Refleksi dan Evaluasi. Nilai-nilai positif yang ditanamkan meliputi semangat meraih cita-cita, kerja sama, percaya diri, disiplin, dan rasa tanggung jawab. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak mampu memahami pesan-pesan yang disampaikan dalam cerita. Kegiatan ini membuktikan bahwa drama dapat menjadi media edukasi yang efektif dalam menanamkan nilai positif pada anak sejak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Airell, V., Leksono, A. N., Lauwono, L. B., & Linawati, N. (2024). Pemberdayaan Anak Usia Dini dalam Pengembangan Karir dan Mimpi: Pendekatan Edukasi Profesi di Tingkat Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(1), 184–191. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i1.790

Azizah, A. N. ‘Ilmi, Dewi, A. A., Mutawakkil, A., Rahmadhani, A., Rantisi, A. A., Rosydah, A. N., Hidayah, A. K., Utami, A. P., Safitri, A., Nisa, A. K., Mawardani, C., Azuma, D., Kusuma, D. T. S., Az-zahra, D., Wulandari, E. P., Eka, E. P. U., Agustin, F., Khairurizky, F., Ahsiari, F. A., … Kasanah, Y. (2024). Seni Peran Untuk Anak Usia Dini. Sukoharjo : Tahta Media Group.

Fadhlani, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1561

Fahdiyani, I. R., & Khoiriyati, S. (2024). Implementasi Metode Karyawisata Untuk Mengenalkan Profesi Sebagai Cita-Cita Anak Usia Dini Di KB Al Muttaqin Desa Pugeran. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7972–7979. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1408

Fitriani, A. (2016). Strategi Pengembangan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 2, 35–44.

Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi Dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383

Istiana, Y. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Didaktika, 20(2), 90–98.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480

Reynard, D., Susanto, J. B., Tirtamurti, L. M., & Linawati, N. (2024). Pengaruh Kunjungan Pengabdian Masyarakat terhadap Motivasi Siswa TK dalam Meraih Cita-Cita. Jurnal Pengabdian West Science, 3(02), 166–178. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i02.1011

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3077

Setyadi, A., Iskak, A., Sukmaningrum, R., & Hawa, F. (2015). Komputer Interaktif Sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. E-Dimas, 6(1), 1. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v6i1.794

Syafii, M. S., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 88–96. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954

Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.5484

Yunifia, R. N.,Wardhani, J. D. (2023). Efektifitas Bermain Peran terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2163–2176. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4191




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol3no2.830

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 ANNAFI NURUL ILMI AZIZAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :