PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS LAUNDRY BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Febrianto Herlambang, Bernardinus Brian Pramudito, Tuhfatul Habibah Hasibuan

Abstract


The growth of laundry businesses in Indonesia continues to increase rapidly, along with the changing lifestyle and increasing busyness of urban communities. This Community Service activity aims to analyze effective development strategies for laundry businesses facing increasingly fierce competition by utilizing advances in information technology. The method used was training and mentoring one of the laundry businesses in the Depok area, using in-depth interview techniques to evaluate internal and external factors affecting the business. The results of the activity show that the use of information technology, efficient operational management, and appropriate marketing strategies can improve the competitiveness and profitability of laundry businesses. The implication of this service is that it provides an opportunity for laundry business owners to implement development strategies that are in accordance with market characteristics and dynamic business environment conditions.

 Pertumbuhan bisnis laundry di Indonesia terus meningkat pesat seiring dengan perubahan gaya hidup dan peningkatan kesibukan masyarakat perkotaan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan yang efektif untuk bisnis laundry dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan terhadap salah satu bisnis laundry di daerah Depok, menggunakan teknik wawancara mendalam untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi bisnis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi, manajemen operasional yang efisien, dan strategi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan daya saing dan profitabilitas bisnis laundry. Implikasi dari pengabdian ini adalah memberikan peluang bagi pemilik usaha laundry untuk mengimplementasikan strategi pengembangan yang sesuai dengan karakteristik pasar dan kondisi lingkungan bisnis yang dinamis.


Full Text:

PDF

References


Ardiningrum, A., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). Strategi Pengembangan Pada Pelaku Usaha Laundry (Griya Laundry Karawang). PROFIT: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 220–226. https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.1009

Eko, J. A. S. (2013). Strategi Keunggulan Bersaing Pada Diva Laundry Dalam Menghadapi Persaingan Antar Usaha Jasa Laundry di Mojokerto. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1), 1–16. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/944

Khaerunnisa, S., & Nursyamsiah, S. (2023). Pengembangan Layanan Ramah Lingkungan pada Perusahaan Laundry IronMom di Cirebon Jawa Barat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8249–8258. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4587

Priyono, B. P. C., & Rahmadanik, D. (2022). Meningkatkan Omzet UMKM Jasa Laundry di Era New Normal Dengan Inovasi Layanan Self Laundry di Kampung Dharmawangsa. Prosiding Patriot Mengabdi, 10–16.

Rossanty, A. Z., Rahmi, A., Maya, A. C., Siagian, D. A., & Tiarapuspa. (2023). Analisis Strategi Bersaing Pada Jasa Laundry (Studi Kasus Pada 34 Laundry). Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 2419–2430. https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.17118

Wicaksono, D., Baga, L. M., & Novianti, T. (2021). Formulasi Strategi Unit Bisnis Laundry Sepatu (Studi Kasus Darmawan Wash Shoe Bogor). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 356–365. https://doi.org/https://doi.org/10.17358/jabm.7.2.356




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol2no2.595

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Febrianto Herlambang, Bernardinus Brian Pramudito, Tuhfatul Habibah Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :