PELATIHAN INOVASI PEMASARAN DIGITAL DAN LITERASI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN POTENSI UMKM BOJONG JENGKOL BOGOR

Budi Suryowati, Ati Harianti, Faizah Syihab, Nelly Camelia Puspita, Muhammad Haikal, Yolanda Yolanda

Abstract


Community service is a tangible effort to apply science and technology to directly benefit society. In the context of training Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) based on digital marketing with the theme "Advancing Bojong Jengkol MSMEs with Innovation," the main objective of this activity is to broaden insights on the use of social media in promotion and sales enhancement for the participants, as well as to provide education on financial literacy, especially for housewives. Through this training, it is hoped that the participants can utilize social media, especially WhatsApp (WA) and Instagram (IG), to develop their businesses in the future and increase understanding and awareness of the importance of financial literacy in family life. Involving a team of implementers consisting of lecturers and students, and through face-to-face lectures and workshops, this community service activity has successfully provided significant benefits to MSMEs in Bojong Jengkol Village, Ciampea, Bogor. The positive impact of social media on MSMEs, such as increased visibility, strengthening customer relationships, and facilitating online sales, supports the growth and sustainability of MSMEs. Thus, community service through digital marketing training makes a meaningful contribution to advancing MSMEs and improving the welfare of the community at large.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan upaya nyata dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Dalam konteks pelatihan UMKM berdasarkan Pemasaran digital dengan tema "Memajukan UMKM Bojong Jengkol dengan Inovasi", tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membuka wawasan tentang pemanfaatan media sosial dalam promosi dan peningkatan penjualan bagi para peserta, serta memberikan edukasi tentang literasi keuangan khususnya untuk ibu rumah tangga. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat memanfaatkan media sosial, terutama WhatsApp (wa) dan Instagram (IG), untuk mengembangkan usaha mereka di masa depan, serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya literasi keuangan dalam kehidupan keluarga. Dengan melibatkan tim pelaksana yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, serta melalui sesi ceramah dan workshop tatap muka, kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM di Desa Bojong Jengkol, Ciampea, Bogor. Dampak positif dari penggunaan media sosial terhadap UMKM, seperti peningkatan visibilitas, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan memfasilitasi penjualan online, turut mendukung pertumbuhan dan keberlangsungan usaha UMKM. Dengan demikian, pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan Pemasaran digital ini memberikan kontribusi yang berarti dalam memajukan UMKM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.


Full Text:

PDF

References


Dewi, N. K., Astuti, H., & Sumartono. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Mempublikasikan Pantai Tanjung Pakis. ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 22–27. https://doi.org/10.47007/abd.v7i1.3715

Dinda, F., Mujaddid, M., & Rania, Q. P. (2024). Dampak Media Sosial pada Ragam Bahasa Masyarakat. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 1(2), 121–129. https://doi.org/10.47256/jhnb.v1i2.293

Kalsum, U., Wahyuni, W., Astriwati, A., Sahlan, F., & Makkulau, A. R. (2024). Pelatihan Literasi Keuangan Dan Akses Kredit Untuk UMKM di Kota Kendari. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2683–2688. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26334

Nilasari, Y., Nuraliati, A., Aini, N., Redjeki, F., Pertiwi, T. P., & Hasan, S. (2024). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Pengusaha Kecil dan Menengah. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4078–4082. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27999

Sucahyo, N., Sopian, A., Effendy, A. A., & Dewi, C. S. (2023). Pelatihan Pemasaran Produk Secara Daring Bagi Warga RT 010/09 Jembatan Besi Jakarta Barat. Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.240




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol2no2.522

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Budi Suryowati, Ati Harianti, Faizah Syihab, Nelly Camelia Puspita, Muhammad Haikal, Yolanda Yolanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :