SOSIALISASI UMKM GO DIGITAL BAGI UMKM JOMBANG DAN PAMULANG ESTATE TANGERANG SELATAN

Rita Rita, Ni Made Artini, Tatyana Tatyana, Mungky Hendriyani, Sugiyono Sugiyono

Abstract


The use of the internet has become part of the lifestyle of modern society, especially for those who are used to smartphone, tablet, computer, and laptop technology. Mass media such as TV, radio, newspapers, and billboards are good to attract local buyers while internet media can attract global consumers from various countries. The use of the internet as a digital medium for promotion and marketing, such as the web and social media, should receive significant attention from MSME business actors. Digital media as a marketing tool for a product or service is an effective marketing strategy because it can reach consumers in a timely, personal, and relevant manner. This activity took the form of outreach for SMEs in the Jombang Region and Pamulang Estate, South Tangerang. The activity was carried out in a panel discussion at the Pamulang University Campus. Through this activity, MSMEs in the Jombang and Pamulang Estate areas that still use manual strategies, product packaging that is still simple, product marketing is still traditional, product marketing still covers a limited area and there is no product promotion will have the insight to take advantage of digital technology while applying this insight so that business can grow better.

Penggunaan internet telah menjadi bagian dalam gaya hidup masyarakat modern, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa dengan teknologi smartphone, tablet, komputer dan laptop. Media massa seperti tv, radio, surat kabar dan baliho hanya mampu menarik konsumen lokal sedangkan media internet mampu menaik konsumen global dari berbagai negara. Pemanfaatan internet sebagai media digital dalam rangka promosi dan pemasaran seperti web dan media sosial seharusnya mendapatkan perharian penting bagi para pelaku usaha UMKM. Media digital sebagai alat pemasaran suatu produk atau jasa merupakan salah satu strategi marketing yang efektif karena dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan. Kegiatan ini berbentuk sosialisasi yang dilakukan untuk UMKM di wilayah Jombang dan Pamulang Estate Tangerang Selatan. Kegiatan dilakukan secara panel diskusi yang bertempat di Kampus Universitas Pamulang. Melalui kegiatan ini UMKM di wilayah Jombang dan Pamulang Estate yang masih menggunakan strategi manual, kemasan produk yang masih sederhana, pemasaran produk masih tradisional, pemasaran produk masih mencakup wilayah terbatas dan belum adanya promosi produk akan memiliki wawasan untuk memanfaatkan teknologi digital sekaligus menerapkan wawasan tersebut agar usahanya dapat berkembang lebih baik.

 


Full Text:

PDF

References


Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72.

Ariyanto, A., Wongso, F., Wijoyo, H., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M.

F., Anggraini, N., Suherman, Suryanti, & Devi, W. S. G. R. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Solok : CV. Insan Cendekia Mandiri.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76. https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/viewFile/175/128

Fitrio, T., & Dewi, P. (2022). Sosialisasi Pendanaan Usaha Melalui Kredit Usaha Rakyat. Value : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 15–23.

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Muljanto, M. A. (2020). Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 40–43. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i1.6926

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Narto, N., & Basuki, G. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Putranto, F. F., Fitrian, Z., Nugroho, B. A., Santi, E. N., Wahyuningsih, N., Budiman, P. W., & Purnomo, A. H. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Mikro di Kota Samarinda. Riset Inossa, 1(1), 13–27.

Rubiyanti, R., Sri, T., & Wibowo, A. (2020). Strategi Kewirausahaan dan Digital Marketing Produk Teh Binahong di Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21–29.

Septiana, N., Asmono, R. T., Nurlaela, L., Kurniati, I., & Nasri, J. (2023). Pelatihan pengenalan digital marketing pemasaran produk pertanian di kelurahan kali abang tengah. 01(01), 27–34.

Septira, I. A., Susanti, D. A., Oktafiani, C., & Putri, L. N. (2022). Keunggulan Media Sosial sebagai Strategi Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak (EJAK), 2(1), 14–19.




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no02.370

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rita Rita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :