PKM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM BAGI PELAKU BISNIS USIA LANJUT MELALUI INOVASI ECOMMERCE DISAAT PANDEMI COVID 19

Eri Mardiani, Nur Rahmansyah, Sari Ningsih, Endah Tri Esthi Handayani, Deny Hidayatullah

Abstract


Small and Medium Enterprises (SMEs) through the application of Web-based E-Commerce and mentoring their use using information technology for business people can increase economic independence in order to increase the use of information technology and the internet in conducting marketing activities globally. This community service provides motivation for business people aged those who remain enthusiastic about running their business in order to strengthen the purchasing power of Small and Medium Enterprises products. The problem raised is the improvement of sales, marketing, and product ordering services from consumers. The purpose of this community service activity is so that elderly business actors can still participate in implementing Web-based E-Commerce activities properly through the guidance of facilitators. The recommendation in this activity is the need for synergies with related agencies/agencies so that elderly business people have the same opportunity to gain access to online-based businesses for their daily economic improvement.

Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui penerapan E-Commerce berbasis Web dan pendampingan penggunaannya menggunakan teknologi informasi bagi pelaku bisnis  dapat meningkatkan kemandirian ekonomi guna meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan internet dalam melakukan kegiatan marketing secara global.Pengabdian masyarakat ini memberikan motivasi  bagi  Pelaku bisnis dengan usia lanjut yang tetap semangat melakukan usaha bisnisnya tetap berjalan agar dapat melakukan penguatan daya beli produk Usaha Kecil Menengah. Permasalahan yang diangkat adalah peningkatan pelayanan penjualan, pemasaran, pemesanan produk dari konsumen.Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini agar Pelaku Bisnis usia lanjut tetap dapat  mengikuti kegiatan penerapan E-Commerce berbasis Web dengan baik  melalui bimbingan fasilitator. Rekomendasi dalam   kegiatan   ini   adalah   perlunya   sinergisitas dengan dinas/instansi terkait agar pelaku bisnis usia lanjut mempunyai kesempatan yang sama dalam mendapatkan akses usaha berbasis online demi peningkatan ekonomi mereka sehari-hari


Full Text:

PDF

References


Mardiani, E., Rahmansyah, N., & Ningsih, S. (2022). PKM Meningkatkan Penjualan UMKM Dengan E-Commerce Disaat Pandemi Covid 19. . . Jurnal Mindabaharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 234–243.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., & Rizky, F. Al. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap E-Commerce Disaat Pandemi Covid 19 Di Shop And Travel. Jurnal Informatik, 16(3), 212–217.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., Wahyudi, N. M., Wijaya, Y. F., & Al Rizky, F. (2021). Kumpulan Latihan PHP. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Pradipta, Y. G. A. (2018). Skripsi : Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi UMKM Harmoni di Desa Kembangan Baki Sukoharjo. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.286

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 413 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 eri mardiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :