PELATIHAN KETERAMPILAN BERBICARA (SPEAKING) BAHASA INGGRIS MELALUI TEKNIK DRAMA DI SMP 14 JEMBER

Titik Ismailia, Nanik Mariyati, Adriadi Novawan, Meiga Rahmanita, Ihwan Huda Al Mujib

Abstract


SMP 14 is one of the state junior high schools in Jember that has conducted learning process using 2013 curriculum. This school has various sports and arts extracurricular activities but it does not have Engliah language extracurricular or English tutoring yet. The absence of learning methods with English tutoring and extracurriculars makes the ability in speaking skills unable to contribute to school achievement. Based on this problem, the Polije (Politeknik Negeri Jember)  community service team provides English speaking skill training to improve students’ knowledge and skill by using drama technique. The implementation method includes conducting preliminary studies, carrying out speaking skill training with drama technique with the stages: introduction of drama media in speaking skill learning, viewing some examples of the usage of drama in learning English, mentoring speaking skill training through drama scripts, and evaluation of training by asking students to perform drama. The targets and outcomactivity video, one article published in accredited community service journal, and improvement of English speaking skill for SMP 14 Jember students. Based the results and evaluation, there was an increase in students’ speaking skill when they perform drama at the end of the training. In addition, students are able to increase self-confudence by demonstrating these abilities in front of friends and teachers. Thus, the drama technique for learning English especially for speaking skill.

SMP 14 sebagai salah satu SMP negeri di Jember telah  melakukan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler olagraga dan seni tetapi belum memiliki kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris maupun bimbel bahasa Inggris.  Belum adanya metode pembelajaran dengan bimbingan belajar maupun ekstrakurikuler bahasa Inggris menjadikan kemampuan dalam keterampilan berbicara belum dapat memberikan kontribusi prestasi untuk sekolah. Dengan adanya masalah tersebut, tim pengabdian masyarakat Polije (Politeklnik Negeri jember) memberikan pelatihan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa menggunakan teknik drama. Metode pelaksanaan meliputi mengadakan studi pendahuluan, melaksanakan pelatihan keterampilan berbicara dengan teknik drama dengan tahapan: pengenalan media drama dalam keterampilan berbicara, melihat contoh-contoh penggunaan media drama dalam belajar bahasa Inggris, pendampingan pelatihan keterampilan berbicara melalui skrip drama yang telah disiapkan, dan evaluasi pelatihan dengan meminta siswa melakukan pertunjukan drama yang telah di dilatihkan. Target dan luaran yang akan dicapai meliputi 3 luaran wajib yaitu: satu artikel pada media massa cetak/elektronik, video kegiatan, satu artikel yang dimuat dalam jurnal pengabdian masyarakat terakreditasi, dan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa SMP 14 Jember.  Berdasarkan hasil dan evaluasi terdapat peningkatan keterampilan berbicara (speaking) pada siswa pada saat melakukan penampilan drama di akhir pelatihan. Selain itu siswa mampu meningkatkan rasa percaya diri dengan menunjukkan kemampuannya tersebut di depan teman-teman dan guru. Dengan demikian teknik drama dapat menjadi alternatif teknik pembalajaran bahasa Inggris khususnya untuk keterampilan berbicara (speaking).


Full Text:

PDF

References


Arto, M. B. (2020). Using Drama Activities in Teaching Speaking Narrative text for Senior High School. Jurnal Retain, 8(2), 76–81. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/33579

Linda, S., & Zuliana, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapai Era Evolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Maria, D. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis E-Falsh Card untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP. Journal of Education Technology, 2(1), 13–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/13801

Ramadhayanti, A. (2018). Analisis Strategi Belajar dengan Metode Bimbel Online Terhadap kemampuan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris dan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja Saat ini. Jurnal KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 41–52. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2580

Rifda, E. F., & Adi, P. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar Peserta Didik Di SMP 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Journal Bimbingan Dan Konseling, 63(2), 171–184. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/564/455

Subhan, Y. A., Sagimin, E. M., Falahi, K., Sariasih, W., & Wulandari, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Speaking melalui Teknik Drama di Jampang English Village, Bogor. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 224 – 234. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/2268




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.284

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF - 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Titik Ismailia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :