PELATIHAN PENGENALAN DIGITAL MARKETING PEMASARAN PRODUK PERTANIAN DI KELURAHAN KALI ABANG TENGAH

Septiana Ningtyas, Rizky Tri Asmono, Lela Nurlaela, Ike Kurniati, Jelman Nasri

Abstract


The digital era has touched almost all aspects of life in various fields. No exception, farmer have to responsive in utilizing technology. Indonesia is an agricultural country with many agricultural products but has a problem with the price of agricultural products that are not commensurate with the needs of basic materials. The low selling price at the farm level is due to the length of the distribution chain and the large number of trading institutions involved in the distribution process so the selling price of the final consumer is quite high. Millennial farmers in Kali Abang Tengah Village have the hope of developing young agricultural entrepreneurship. The potential of millennial farmers is the goal of ITB Swadharma's community service this time. By introducing digital marketing to millennial farmers, farmers can directly connect to costumers at a market price. The results achieved in the extension activities on digital marketing for marketing agricultural products went smoothly and provided benefits to the target audience, namely millennial farmers in the Kelurahan Kali Abang Tengah.

Memasuki Era digital dalam berbagai bidang yang penggunaannya telah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan. Tidak terkecuali pebisnis di bidang pertanian harus tanggap dalam memanfaatkan teknologi. Indonesia sebagai negara agraris dengan berbagai produk pertanian, tetapi memiliki permasalahan dangan harga produk pertanian yang tidak sepadan dengan kebutuhan bahan bahan pokok. Rendahnya harga jual di tingkat petani akibat panjangnya rantai distribusi dan banyaknya lembaga tataniaga yang terlibat dalam proses distribusi sehingga harga jual konsumen akhir cukup tinggi. Para petani milenial Kelurahan Kali Abang Tengah menjadi harapan dalam mengembangkan kewirausahaan muda pertanian. Adanya potensi petani milenial menjadi tujuan pengabdian masyarakat ITB swadharma kali ini. Dengan memperkenalkan digital marketing kepada petani milenial dapat menghubungkan secara langsung petani kepada konsumen, dengan harga yang lebih tinggi tentunya.  Hasil yang dicapai dalam Kegiatan penyuluhan tentang digital marketing untuk pemasaran produk pertanian berjalan lancar dan memberikan manfaat kepada khalayak sasaran yaitu petani milenial Kelurahan Kali Abang Tengah.


Full Text:

PDF

References


Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Balanca Journal : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Dharmalau, A., Putra, D. F., Hiswara, I., Nurlaela, L., Ningtyas, S., & Usanto. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Ketahanan Ekonomi Masyarakat UMKM di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2), 162-173.

Febri, F. Y., Permatasari, D., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk UMKM Batik Di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 60-72.

Hadi, A. S., & Khairi, A. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo. Jurnal DINAMISIA, 4(1), 127-132.

Hartawan, M. S. (2022). Analisa Desain User Interface Aplikasi Prototype Smart System IP Camera Security Berbasis Aplikasi Android. JEIS : Jurnal Elektro dan Informatika Swadharma, 1(2), 12-18.

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing UMKM Di Kecamatan Tembalang Semarang. ABDIMASKU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119-124.

Kusumadinata, A. A. (2016). Penggunaan Internet Di Kalangan Petani Sayur Dalam Memperoleh Informasi Pertanian Di Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia (IJAE), 7(1), 13-24.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Bisnis dan Ekonomia Asia, 11(2), 46-53.

Shodiq, A. R., Priatna, W. B., & Kusnadi, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemanfaatan E-Marketing Tani Niaga Oleh Petani Kabupaten Grobogan. Forum Agribisnis, 9(2), 107-122.

Sopandi, R., Lase, M., & Qomaruddin, M. (2022). Pengenalan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Kepada Panti Asuhan Anak Yatim Piatu Rumah Harapan. PRAWARA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23-29.

Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Ariyanti, Y. D., & Erwanti, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Bagi Pelaku UMKM. Bakti Banua : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 8-11.

Susilowati, S. H. (2016). Kebijakan Insentif Untuk Petani Muda: Pembelajaran dari Berbagai Negara dan Implikasinya bagi Kebijakan di Indonesia. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi, 103-123.

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1), 6-13.

Utami, D. P. (2020). Pengenalan Digital Marketing dalam Pemasaran Produk Pertanian Untuk Petani Milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Karya Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram (pp. 25-32). Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram.




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.242

Article Metrics

Abstract view : 810 times
PDF - 539 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Septiana Ningtyas, Rizky Tri Asmono, Lela Nurlaela, Ike Kurniati, Jelman Nasri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :