PELATIHAN PENGEMBANGAN UMKM DI MASA PANDEMI DENGAN OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Taufiqurrochman Taufiqurrochman, Dhila Franzely Dhimas Putra, Jamah Sari, Riza Syahrial

Abstract


Small and Medium Enterprises (UMKM) are one of the businesses affected by economic instability during the Covid-19 pandemic. A new strategy is needed for UMKM to survive and be able to develop its business during the Covid-19 pandemic. The existence of restrictions on social activities imposed by the government makes it difficult for MSMEs to run and develop businesses if they only use conventional methods. Responding to problems and overcoming them, online marketing through the media is the right step that must be taken by business actors. Efforts need to be made to provide assistance and training on product branding and digital marketing strategies. Mentoring and training activities are carried out online through Zoom Meetings. The purpose of this community service activity is to improve skills in selling online during the Pandemic in the RT 010/09 neighborhood of Jembatan Besi Village, West Jakarta. This mentoring program was implemented quite successfully, although it was carried out in a limited time.

Usaha Kecil Menengah (UMKM) salah satu usaha yang terkena dampak ketidakstabilan ekonomi pada saat Pandemi Covid-19. Diperlukan strategi baru bagi UMKM untuk tetap bertahan dan dapat mengembangkan bisnisnya di tengah berlangsungnya pandemi Covid-19. Adanya pembatasan kegiatan sosial yang diberlakukan pemerintah membuat UMKM sulit untuk menjalankan dan mengembangkan usaha jika hanya memanfaatkan metode konvensional. Menyikapi permasalahan dan mengatasi hal tersebut, pemasaran secara online melalui media merupakan langkah tepat yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Perlu dilakukan upaya untuk melakukan pendampingan serta pelatihan mengenai branding produk serta strategi pemasaran online/digital marketing. Kegiatan pendampingan dan pelatihan dilakukan secara daring/online melalui Zoom Meeting. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan ketrampilan dalam berjualan online di masa Pandemi di Lingkungan RT 010/09 Kelurahan Jembatan Besi Jakarta Barat. Program pendampingan ini dilaksanakan cukup sukses, meski dilakukan dalam waktu yang terbatas


Full Text:

PDF

References


Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) (pp. 298-303). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Balanca Journal : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Batubara, S., Maharani, F., & Makhrani. (2022). Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1023-1032.

Dharmalau, A., Putra, D. F., Hiswara, I., Nurlaela, L., Ningtyas, S., & Usanto. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Ketahanan Ekonomi Masyarakat UMKM di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2), 162-173.

Fajarina. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Kerajinan Pada Masa Pandemi Covid-19 Oleh Ibu-Ibu PKK Di Jakarta Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(3), 217-222.

Febri, F. Y., Permatasari, D., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk UMKM Batik Di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 60-72.

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 30-39). Bandar Lampung: Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

O'Reilly, T. (2007). What Is Web 2.0: Design Patterns and Business Models for the Next Generation of Software. Communications & Strategies, 65(1), 17-37.

Rusman. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Angka Pengangguran Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS (pp. 687 - 693). Sukoharjo: Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia.

Sasa, S., & Dodot Sapto Adi, M. A. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358-371.

Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Ariyanti, Y. D., & Erwanti, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Bagi Pelaku UMKM. Bakti Banua : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 8-11.

Sukmasetya, P., Apriyani, H., Wahyuni, T., Wulan, B. S., Nugroho, W., & Ardiyansah, A. H. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming (PHB), 4(3), 322-328.

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1), 6-13.

Thaha, S., Hatidja, S., & Hasniati. (2021). Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan Penjualan UMKM di MasaPandemiCovid-19Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros. ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 133-139




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.241

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Taufiqurrochman Taufiqurrochman, Dhila Franzely Dhimas Putra, Jamah Sari, Riza Syahrial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :