PELATIHAN PEMASARAN PRODUK SECARA DARING BAGI WARGA RT 010/09 JEMBATAN BESI JAKARTA BARAT

Nur Sucahyo, Adi Sopian, Abdul Aziz Effendy, Christine Sientta Dewi

Abstract


The new era that is running after the COVID-19 pandemic has changed the order of life and daily activities in society with many activities being carried out online. Because it requires us to be more creative and productive in various ways in times like today, in order to get additional income. The existence of digital media that continues to develop, everything can be flexible or we can run it from anywhere and anytime without the limitations of space and time. Because of the many opportunities that people can do by doing business online, it is necessary to have activities such as outreach to the community related to how to increase productivity in this digital era by starting selling or online business. This online product marketing socialization organized by the ITB Swadharma Jakarta is expected to provide new knowledge and understanding about increasing people's income by selling online, especially related to productive training by selling online in the new post-pandemic era in RT 010/09 Kelurahan Jembatan Besi West Jakarta.

Era baru yang sedang berjalan pasca pandemi covid-19 ini telah merubah tatanan hidup dan kegiatan dimasyarakat sehari hari dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan secara online. Oleh karena menuntut kita agar lebih kreatif dan produktif dalam berbagai hal di masa seperti sekarang ini, agar mendapat pemasukan tambahan. Adanya media digital yang terus berkembang maju, semuanya bisa serba fleksibel atau kita bisa menjalankannya dari mana saja dan kapan saja tanpa batasan ruang dan waktu. Karena banyaknya peluang yang bisa dilakukan masyarakat dengan berbisnis online maka diperlukan adanya kegiatan seperti sosialisasi kepada masyarakat yang terkait dengan bagaimana meningkatkan produktivitas di era digital ini dengan memulai berjualan atau bisnis Online. Sosialisasi pemasaran produk secara online ini yang diselenggarakan oleh Institut teknologi dan Bisnis Swadharma Jakarta diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman baru tentang meningkatkan penghasilan masyarakat dengan berjualan Online, khususnya terkait dengan pelatihan produktif dengan berjualan online di era baru pasca pandemi di Lingkungan RT 010/09 Kelurahan Jembatan Besi Jakarta Barat


Full Text:

PDF

References


Anuang, P. W., & Korry, P. D. (2020). Pengaruh Adopsi Teknologi dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Perusahaan Niluh Djelantik). TIERS Information Technology Journal, 1(1), 25-32.

Anwar, K., Kurniawan, L. D., Rahman, M. I., & Ani, N. (2020). Aplikasi Marketplace Penyewaan Lapangan Olahraga Dari Berbagai Cabang Dengan Metode Agile Development. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 9(2), 264-274.

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Balanca Journal : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Basarah, F. F., & Romaria, G. (2020). Perancangan Konten Edukatif Di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2), 22-29.

Dharmalau, A., & Putra, D. F. (2021). Pelatihan UMKM Online Untuk Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abmas Negeri, 2(2), 77-85.

Dharmalau, A., Putra, D. F., Hiswara, I., Nurlaela, L., Ningtyas, S., & Usanto. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Ketahanan Ekonomi Masyarakat UMKM di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2), 162-173.

Febriantoro, W. (2018). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM Di Indonesia. Manajerial : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(2), 184-207.

Hafsah, M. J. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Infokop, XX(25), 40-44.

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 30-39). Bandar Lampung: Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Jauhari, J., & Supardi, J. (2010). Pengembangan Model Pemasaran dan Penjualan Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Sumatra Selatan Berbasis E-Commerce. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102-112.

Lukito, R. B., Lukito, C., & Arifin, D. (2014). Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) pada Website dalam Strategi Pemasaran melalui Internet. COMTECH: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1050-1058.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-124.

Nasri, J., Sucahyo, N., & Lestary, T. A. (2021). Pendekatan Variabel Cost Dalam Rancangan Sistem Informasi Biaya Produksi Busana Muslim. Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma (JRIS), 1(1), 28-33.

Nursari, S. R., & Immanuel, Y. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(2), 107-116.

Sopian, A., Dharmalau, A., & Alpindo. (2022). Pemanfaatan Teknik Web Scraping Python Untuk Sistem Pencarian Produk Di Toko Online. Jurnal Elektro dan Informatika Swadharma (JEIS), 2(2), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.240

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Sucahyo, Adi Sopian, Abdul Aziz Effendy, Christine Sientta Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :