PELATIHAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA TINGKAT LANJUT UNTUK SISWA SMA/SMK DI JAKARTA

Andy Dharmalau, Jelman Nasri, Hari Suryantoro

Abstract


The new era after the pandemic has changed the pattern of life in society, many activities are currently carried out online. To respond to this change, SMA/SMK students must know about online media technology. Technology and programming language trends are also starting to change. Many universities use the Java programming language as the language of instruction for programming courses. The reason is that the syntax is easy, close to human language, and the many implementations of software development from Desktop application development, Web, IoT Interface, and Machine Learning. Training is needed for vocational students to be able to adapt and improve students understanding and skills of the Java programming language. This training aims to focus on advanced programming techniques from creating functions and their manipulation to executing some complex instructions. The results achieved areĀ  satisfactory although some students still need further training.

Era baru setelah pandemi telah merubah pola hidup dimasyarakat, banyak kegiatan saat ini yang dilakukan secara online. Untuk menyikapi perubahan ini Siswa SMA/SMK harus mempunyai pengetahuan tentang teknologi media online. Teknologi dan tren bahasa pemrograman juga mulai berubah. Banyak universitas menggunakan bahasa pemrograman java sebagai bahasa pengantar mata kuliah pemrograman. Alasannya adalah syntaxnya mudah, dekat dengan bahasa manusia dan banyaknya implementasi pengembangan perangkat lunak mulai dari pengembangan aplikasi Desktop, Web, Antarmuka IoT, dan Machine Learning. Diperlukan pelatihan kepada siswa SMA/SMK agar mampu beradaptasi dan meningkatkan pemahaman serta keterampilan siswa akan bahasa pemrograman Java. Tujuan dari pelatihan ini difokuskan pada teknik pemrograman tingkat lanjut mulai dari pembuatan fungsi dan manipulasinya untuk menjalankan beberapa instruksi yang rumit. Hasil yang dicapai cukup memuaskan meski ada beberapa siswa yang masih memerlukan pelatihan lanjutan.


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 3814-3821.

Bahri, S. (2020). Pengembangan Teknologi dalam Pendidikan Pasca Pandemi. Seminar Nasional Pascasarjana (pp. 517-522). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 55-61.

Furinika, R. (2021). Peran penting teknologi dalam pembelajaran selama pendemi covid 19 di SMA Negeri 6 OKU. Cikarang: Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Pelita Bangsa.

Hermanto, A., Supangat, & Mandita, F. (2017). Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi ServQual dan Webqual Studi Kasus : SIAKAD Politeknik XYZ. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(1), 33-39.

Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model PembelajaranPasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83-94.

Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran E-Learning di Masa Pandemi. Surabaya: Pustaka Aksara.

Mulya, M., & Primarta, R. (2020). Pelatihan Algoritma dan Pemrogram Dasar Dengan Bahasa Pemrograman Java Untuk Siswa SMA Muhammadiyah I Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 8(3), 1091-1097.




DOI: https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.239

Article Metrics

Abstract view : 354 times
PDF - 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andy Dharmalau, Jelman Nasri, Hari Suryantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :