PENGARUH GAYA HIDUP, LITERASI KEUANGAN, DAN PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GEN Z
Abstract
This study analysed the influence of Generation Z lifestyle, financial literacy, and the use of electronic money on consumer behaviour, with financial management as an intervening variable. The methodology was quantitative, and a survey was used to collect data through questionnaires distributed to 99 respondents. In data analysis, researchers used SmartPLS software to test the proposed hypothesis. The study results showed that lifestyle, financial literacy and the use of electronic money significantly affect financial management. Lifestyle, in particular, has been shown to influence consumer behaviour, as evidenced by a person’s lifestyle determining their shopping decisions and habits. However, financial education and the use of electronic money do not have a significant effect on consumer behaviour. Although both factors may influence individual financial management, they are not directly related to their shopping habits. These findings provide important insights to better understand the factors influencing college students’ financial management and consumption behaviour.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh gaya hidup Generasi Z, literasi keuangan, dan penggunaan uang elektronik terhadap perilaku konsumen dengan pengelolaan keuangan sebagai variabel intervening. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan pendekatan survei untuk mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 99 responden. Dalam analisis data, peneliti menggunakan software SmartPLS untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup, literasi keuangan dan penggunaan uang elektronik berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Gaya hidup mempengaruhi perilaku konsumen, terbukti dari gaya hidup seseorang menentukan keputusan belanja dan kebiasaannya. Namun literasi keuangan dan penggunaan uang elektronik tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen. Artinya, meskipun kedua faktor tersebut mungkin mempengaruhi pengelolaan keuangan individu, namun keduanya tidak berhubungan langsung dengan kebiasaan belanja mereka. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk memahami lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan keuangan dan perilaku konsumsi mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Afandy, C., & Niangsih, F. F. (2020). Literasi Keuangan Dan Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Di Provinsi Bengkulu. The Manager Review, 2(2), 68–98. https://doi.org/10.33369/tmr.v2i2.16329
Asiyah, S., & Setiawati, E. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Gaya Hidup, Pengendalian Diri, dan Perilaku Konsumtif Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Penggemar K-Pop. El-Mal : Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 6(5), 2054–2073. https://doi.org/10.47467/elmal.v6i5.7899
Chandra, R. A., & Wahyudi, I. (2025). Dari Ilmu Ke Tindakan: Literasi Keuangan, Pengetahuan, Dan Kontrol Diri Dalam Pengelolaan Finansial Mahasiswa. JMCBUS : Journal of Management and Creative Business, 3(2), 31–54. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v3i2.4170
Fauzi, M. H., Putri, S. D., Fadhilah, R. A., Kurniati, M., Pebriani, A. R., Putra, M. R. E., & Rozak, R. W. A. (2024). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Dalam Pengelolaan Finansial Pribadi Mahasiswa. APKE : Akuntansi Pajak Dan Kebijakan Ekonomi Digital, 1(2), 37–50. https://doi.org/10.61132/apke.v1i2.74
Fitriani, F., Zaman, D., Azizi, M., Ismanto, H., & Pebruary, S. (2025). Pentingnya Perencanaan Keuangan Bagi Generasi Muda Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 135–140. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.38317
Jafar, M. K., Anggrainy, N. E., Suhardin, I., & Tohai, R. N. (2023). Gaya Hidup dan Perilaku Konsumtif Remaja di Manado. Maqrizi : Journal of Economics and Islamic Economics, 3(2), 96–105. https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/maqrizi/article/view/766
Khotimah, A. N. K., & Ariani, K. R. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Gender Dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa UMS. Jurnal Ilmiah Edunomika, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.29040/jie.v9i1.16573
Lestari, D. I. S., & Hwihanus. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Mahasiswa Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan, 2(4), 254–264. https://doi.org/10.58192/wawasan.v2i4.2621
Nadhifah, H. A., Sucipto, M. A. B., & Sudibyo, H. (2024). Tingkat Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Pancasakti. Jurnal Fokus Konseling, 10(1), 17–27. https://doi.org/10.52657/jfk.v10i1.2195
Nazar, M. R., Arifah, U., Fitri, S. M., Putri, S. A. S., & Ramadianto, M. P. (2023). Analisis Faktor Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money dan Munculnya Cashless Society di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 287–295. https://doi.org/10.5281/zenodo.7816294
Nurfitriani, N., Yusran, N., & Rendi, R. (2022). Pengaruh Manfaat, Kemudahan dan Tingkat Kepercayaan terhadap Minat menggunakan Uang Elektronik di Kota Palu. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.36915/jurnalkajianekonomidanperbankansyariah.v1i2.176
Pohan, M. Z., Nasution, T. A., & Pohan, S. (2024). Gaya Hidup Konsumtif Generasi Z dalam Era Belanja Daring Indonesia). JISHI : Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 4(2), 237–246. https://doi.org/10.52436/1.jishi.205
Pradana, R., & Hartanto, D. (2024). Konseling Behavior Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 264–272. https://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/18867
Rumbik, F. E., Kurniawan, R., & Ginting, R. (2024). Menguak Perilaku Konsumtif Generasi Z dalam Penggunaan Digital Payment dan Literasi Keuangan Berdasarkan Mental Accounting : Sebuah Studi Fenomenologi. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 12(2), 163–171. https://journal.unesa.ac.id/index.php/akunesa/article/view/29459
Sari, N. F. D., & Hwihanus. (2024). Pengaruh Uang Digital (E-Money) Terhadap Perilaku Konsumtif Dan Kemampuan Finansial Mahasiswa. Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 9(4), 31–40. https://doi.org/10.8734/musytari.v9i4.6350
Sari, R. A., & Manjaleni, R. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan E-money, dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Kota Bandung. JEMSI : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 11(2), 878–889. https://doi.org/10.35870/jemsi.v11i2.3939
Sumadayo, K. M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan pada Usaha Depot Air Minum di Ternate. Jurnal Studi MAanajemen Organisasi, 20(1), 22–32. https://doi.org/10.14710/jsmo.v20i1.57428
DOI: https://doi.org/10.56486/remittance.vol6no1.731
Article Metrics
Abstract view : 250 timesPDF - 128 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






