PENGARUH ENTERTAINMENT COST TERHADAP NET INCOME PT. UNILEVER INDONESIA TBK

Dewi Susanty, Lidya Adisti Ghaida Nur Khaliza, Elizabeth Tiur Manurung

Abstract


This study aims to determine the effect of entertainment costs, consisting of marketing and sales expenses and general and administrative expenses, on the net income of PT Unilever Indonesia Tbk, both partially and simultaneously. The data used are quarterly data for the period 2014-2023. All quarterly financial reports of PT Unilever Indonesia represent the population in the study, and the sampling method uses a convenience sampling technique. The study’s results found that general and administrative expenses affect the company’s net income, while marketing and sales expenses do not affect the company’s net income. The coefficient of determination produces a figure of 0.831 or 83.1%. The independent variables of General and Administrative Expenses and Marketing and Sales Expenses can explain the net income variable of PT Unilever Indonesia Tbk.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entertainment cost yang terdiri dari beban pemasaran dan penjualan serta beban umum dan administrasi, terhadap net income PT Unilever Indonesia Tbk, baik secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan adalah data triwulanan pada periode 2014-2023. Populasi dalam penelitian adalah seluruh laporan keuangan triwulan PT Unilever Indonesia Tbk. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian mendapatkan bahwa beban umum dan administrasi memiliki pengaruh terhadap net income perusahaan, sedangkan beban pemasaran dan penjualan tidak memiliki pengaruh terhadap net income perusahaan. Koefisien determinasi menghasilkan angka sebesar 0.831 atau 83.1%. Artinya variabel net income PT Unilever Indonesia Tbk dapat dijelaskan oleh variabel independen beban Umum dan Administrasi serta Beban Pemasaran dan Penjualan.


Full Text:

PDF

References


Chasanah, N. I. (2024). Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih UMKM Kopikir Coffee di Kota Malang. KOMPAK : Jurnal Ilmiah Komputer Akuntansi, 17(2), 366–373. https://doi.org/10.51903/kompak.v17i2.2142

Ekasari, R. (2023). Metodologi Penelitian. Malang : AE Publishing.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. JIPH : Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik, 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : BP Universitas Diponegoro.

Kurnia, C. O. P., & Arismutia, S. A. (2025). Pengaruh Biaya Produksi, Pemasaran, Administrasi Umum, dan Penjualan terhadap Laba Bersih Perusahaan Subsektor Farmasi di BEI (2016-2023). ECo-Buss: Economy and Bussiness, 7(3), 2210–2227. https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.2274

Nurawaliah, S., Sutrisno, S., & Nurmilah, R. (2020). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Bersih (CV. NJ Food Industries). Jurnal Proaksi, 7(2), 135–150. https://doi.org/10.32534/jpk.v7i2.1284

Sepurrohman, Y. (2023). Pengaruh Beban Operasional dan Pendapatan Terhadap Laba Bersih. Competitive : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 226–236. https://doi.org/10.31000/competitive.v7i1.4797

Simanjuntak, W. W., Harahap, D., & Matondang, Z. (2022). Pengaruh Biaya Pemasaran Dan Biaya Administrasi Umum Terhadap Laba Bersih PT. Astra Agro Lestari, Tbk. PROFJES: Profetik Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 150–166. https://doi.org/10.24952/profjes.v1i1.6420




DOI: https://doi.org/10.56486/remittance.vol6no1.717

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TERINDEKS OLEH :

Â