PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) PADA PT. BANK CENTRAL ASIA TBK PERIODE 2019–2023
Abstract
This study aims to determine the effect of realizing Corporate Social Responsibility (CSR) funds on Return On Equity (ROE) at PT Bank Central Asia Tbk (BCA). The research uses a quantitative method with an associative research type. The data used are secondary in the form of financial statements and sustainability reports for 2019-2023 obtained from the Bank BCA website. The data analysis method uses a simple linear regression model with the SPSS program for data processing. The research results show that the CSR variable has a positive and significant effect on ROE and simultaneously contributes 77.8% to influencing ROE. Meanwhile, the remaining 22.2% is influenced by other factors outside the model being studied.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh realisasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Central Asia Tbk (BCA). Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan keberlanjutan periode tahun 2019-2023 yang diperoleh dari website PT. Bank BCA Tbk. Metode analisis data menggunakan model regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS untuk pengolahan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROE dan secara simultan memberikan pengaruh sebesar 77,8% dalam mempengaruhi ROE. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 22,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model yang diteliti.
Full Text:
PDFReferences
BCA. (2023a). Laporan Keberlanjutan. https://www.bca.co.id/-/media/Feature/Report/File/S8/Laporan-Keberlanjutan/2024/20240215-laporan-keberlanjutan-2023-bca-id.pdf
BCA. (2023b). Laporan Tahunan 2023. https://www.bca.co.id/-/media/Feature/Report/File/S8/Laporan-Tahunan/2024/20240215-buku-bca-ar-2023-ina-website.pdf
Darmawan. (2020). Dasar-Dasar Memahami Rasio dan Laporan Keuangan. Yogyakarta : UNY Press.
Erari, A., & Nurjanah, F. (2021). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Tercatat Di BEI. JUMABIS : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 14–19. https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i1.71
Fadhilah, N. H. K., Nurpadilah, N., & Aulia, T. H. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PT Bank Central Asia Periode Tahun 2017-2021. Jurnal Seminar Nasional Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 1–11. https://prosiding.senakota.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/71
Harni, D. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Danamon Indonesia Tbk dengan Program Pasar Sejahtera di Daerah Pekalongan terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(3), 150–158. https://doi.org/10.52434/jwe.v17i3.374
Herman. (2019). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Oleh Stakeholders Primer dan Sekunder di Riau (Studi Kasus Pada PT. Asia Sawit Makmur Jaya Provinsi Riau). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 2(2), 264–277. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v2i2.1362
Kasmir. (2018). Manajemen Perbankan. Depok : Rajawali Pers.
Krismonika, A. J., Munandar, A., & Meiriasari, V. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Profitabilitas Bank di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi & Bisnis, 2(2), 56–72. https://doi.org/10.47747/jismab.v2i2.414
Makmun, J. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(1), 1–16. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/1862
Melania, S., & Tjahjono, A. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Board Size Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2020). JRABI : Jurnal Riset Akyuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 199–219. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i1.433
Nopriyanto, A. (2024). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan. Komitmen : Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.15575/jim.v5i2.37655
Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N., & Muniarty, P. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Owner : Riset & Jurnal Akuntansi, 4(1), 95–103. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.201
Puteri, A., Defrizal, & Zaidirina. (2017). Analisis Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Supreme Energy Rajabasa Terhadap Kesejahteraan dan Lingkungan Masyarakat Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Manajemen Visionist, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.36448/jmv.v6i1.1698
Rampengan, E. F. B., Suaryana, I. G. N. A., & Joy, J. (2024). Pengaruh CSR Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 - 2022. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 323–335. https://doi.org/10.5281/zenodo.10466212
Setiawan, B. (2015). Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial & Bisnis Dengan SPSS. Yogyakarta : Andi.
Sisca, Abdurohim, D., Alfiana, Muniarty, P., Indriana, I., Suprapto, Mardhiah, Putra, A. R., Hartati, A., Pattinama, G. L. L., Fatira, M., & Bagend, C. (2022). Corporate Social Responsibility Perusahaan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Soares, P., & Yunanto, M. (2018). The Effect of NPL, CAR, LDR, OER And NIM To Banking Retrun On Asset. International Journal of Economics, Commerce and Management, VI(3), 40–55. https://ijecm.co.uk/wp-content/uploads/2018/03/633.pdf
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.
Sutriani, Likdanawati, AR, K., & Putroe, N. (2023). Manajemen Program Pelayanan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat pada PT Bank Aceh Syariah Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 12(1), 71–76.
Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). Ponorogo : Myria Publisher.
Wulandari, S. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Perkebunan Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 19(1), 1–14. https://doi.org/10.19184/jeam.v19i1.15436
Zuhriah, M., & Maharani, N. K. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 703–729. https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.934
DOI: https://doi.org/10.56486/remittance.vol5no2.686
Article Metrics
Abstract view : 59 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






