PENGARUH HARGA, KUALITAS DAN JENIS PRODUK TERHADAP PENDAPATAN TOKO ONLINE P.T. CLOTHME JAKARTA DI APLIKASI SHOPEE
Abstract
Online stores are changing the way consumers shop. Customers can find and purchase the items they need without leaving their homes using a smartphone. As online trade transactions continue to grow, online entrepreneurs are also rapidly increasing. This research aims to determine the extent to which the sales revenue of an online store on the Shopee application is influenced by price, product quality, and the type of products sold. The research results show that product prices have a significant impact on Revenue. A price increase can boost Revenue if the price remains acceptable to consumers. The quality of the product has a significant impact on Revenue. Products with good quality tend to attract more consumers and support increased sales. The type of product offered also affects Revenue. Product Price, Product Quality, and Product Type simultaneously affect Revenue. The R-Square value shows that Product Price, Product Quality, and Product Type influence 47% of the Income variable, and the remaining 53% is influenced by other variables not examined in this study.
Toko Online mengubah cara konsumen berbelanja. Pelanggan dapat menemukan dan membeli barang yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah dengan perangkat telepon pintar. Seiring terus bertumbuhnya transaksi perdagangan secara online terus bertambah pula pengusaha online dengan pesat. Penelitian ini mencoba mengetahui seberapa besar pendapatan penjualan sebuah toko online di Apikasi Shopee yang dipengaruhi oleh harga, dan kualitas produk serta jenis produk yang dijual. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga produk memiliki pengaruh signifikan terhadap pendapatan. Kenaikan harga dapat berpotensi meningkatkan pendapatan, asalkan harga tersebut masih dapat di terima oleh konsumen. Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan. Produk dengan kualitas yang baik cenderung menarik lebih banyak konsumen dan mendukung peningkatan penjualan. Jenis produk yang di tawarkan juga berpengaruh terhadap pendapatan. Harga Produk, Kualitas Produk dan Jenis Produk secara simultan berpengaruh terhadap Pendapatan. Nilai R-Square menunjukan 47% variabel Pendapatan di pengaruhi Harga Produk, Kualitas Produk, Jenis Produk, sisanya 53% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Ahdiat, A. (2024). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/-/statistik/3c9132bd3836eff/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023
Asih, E. M. (2024). Analisis pada Shopee sebagai E-Commerce Terpopuler di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.70052/jeba.v2i1.299
Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran : UMKM dan Digital Sosial Media. Yogyakarta : Deepublish.
Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Handayani, T., & Fathoni, M. A. (2019). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam. Yogyakarta : Deepublish.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing (14th Editi). New Jersey : Pearson Education.
Laowo, N. (2023). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di UD. Central Mart Samadaya Hilisimaetano. JIM : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 6(2), 234–241. https://doi.org/10.57094/jim.v6i2.1779
Leonard, S., & Tarigan, A. (2023). Pengaruh Metode Pembayaran Transfer Bank, Shopee Pay, Shopee Paylater, Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Marketplace di Kota Tangerang). Jurnal Digismantech, 3(1), 66–81. https://doi.org/10.30813/digismantech.v3i1.5221
Modi, K. (2023). a Study on Online Shopping and Its Effects on Consumer Behavior. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 8(3), 105–110. https://doi.org/10.33564/ijeast.2023.v08i03.014
Nurjanah, R., Amzar, Y. V., & Rizkiah, N. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belanja Online Masyarakat (Studi Kasus Pengikut Instagram Muslimah Thread). E-Jurnal Perdagangan Industri Dan Moneter, 10(1), 25–38. https://doi.org/10.22437/pim.v10i1.16289
Pamelia, A., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda BeAT (Studi Pada Warga Perumahan Pesona Permata Ungu Krian Sidoarjo). JPTN : Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 10(1), 1554–1563. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1554-1563
Pink, B., & Azhar, S. (2022). Laju Pertumbuhan Transaksi E-Commerce di Indonesi Melambat. Kontan Business Insight. https://insight.kontan.co.id/news/laju-pertumbuhan-transaksi-e-commerce-di-indonesia-melambat
Purbohastuti, A. W. (2021). The Marketing Mix Effectiveness on Indomaret’s Consumer Purchase Decision. Sains Manajemen : Jurnal Manajemen Unsera, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.2707
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). New Jersey : Pearson Education Inc.
Singgih, R. P., & Permatasari, M. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pengembangan E-Commerce. Prosiding Seminar STIAMI, 10(3), 35–46. https://ojshttps//ojs.stiami.ac.id/index.php/PS/article/view/3447
Sunarya, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli dengan Pendapatan Konsumen sebagai Variabel Moderasi di Kabupaten Bulukumba (Studi pada Produk Masker & Face Shield). Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta : Andi.
Wa’il, M. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Online Shop Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja Sumenep.
Yarova, I., & Yurchenko, A. (2023). Marketplaces As a Key Driver of Global E-Commerce. Socio-Economic Relations in the Digital Society, 4(50), 61–71. https://doi.org/10.55643/ser.2.48.2023.493
DOI: https://doi.org/10.56486/remittance.vol5no2.647
Article Metrics
Abstract view : 35 timesPDF - 16 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






