ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA BOS DI SMP NEGERI 18 LAU KABUPATEN MAROS
Abstract
This research aims to analyze the implementation of accountability and transparency principles in the management of School Operational Assistance (BOS) funds at SMP Negeri 18 Lau, Maros Regency. The research variables are accountability and transparency. The research population consists of all the stakeholders who are aware of the management of BOS funds at SMP Negeri 18 Lau. Meanwhile, the samples are the principal, treasurer, teachers, and school committee. The data collection technique was carried out through interviews and report documentation, and the data analysis using the qualitative descriptive method. The research results show that SMP Negeri 18 Lau has not yet fully implemented the principle of accountability. The result is that 80% of the BOS fund management has implemented accountability principles following the applicable regulations. However, 20% of the BOS fund management has not implemented accountability principles because they did not invite parents during the RKAS preparation meetings, and there is no evidence in the form of documentation that they have reported to the education office or the BOS website. SMP Negeri 18 Lau, Maros Regency, has implemented transparency principles following the applicable regulations by publishing the BOS fund usage report on the school information board.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada pada SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. Variabel penelitian adalah akuntabilitas dan transparansi. Populasi penelitian adalah keseluruhan perangkat atau stakeholder yang mengetahui pengelolaan dana BOS di SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. Sedangkan sampel yang diambil adalah Kepala Sekolah, Bendahara, Guru, dan Komite Sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan metode Analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros belum sempurna dalam menerapkan prinsip akuntabilitas. Berdasarkan hasil analisis, 80% dari pengelolaan dana BOS telah menerapkan prinsip akuntabilitas sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, 20% dari pengelolaan dana BOS belum menerapkan prinsip akuntabilitas karena tidak mengundang orang tua siswa saat melakukan rapat penyusunan RKAS, dan tidak ditemukan bukti berupa dokumentasi bahwa telah melakukan pelaporan ke dinas pendidikan ataupun ke laman BOS. SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros telah menerapkan prinsip transparansi dengan baik sesuai aturan yang berlaku dengan mempublikasikan laporan penggunaan dana BOS melalui pemasangan laporan pada papan informasi sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. Jurnal Cermin, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
Asrul, H., Nianty, D. A., & Permatasari, Y. (2023). Analisis Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tamacinna. Manuver : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 76–83. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/3665
Batubara, T. B., Nasution, Y. S. J., & Yanti, N. (2023). Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Pada SMP Negeri 3 Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. JAAKFE UNTAN: Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, 12(2), 138–147. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v12i2.65329
Faizah, D., Baihaqi, A. R., Himawan, M. G., & Trihantoyo, S. (2024). Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 63 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan di SDN Sidotopo Wetan I. Jurnal Cendekia Pendidikan, 3(1), 104–123. https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i1.4297
Habibatulloh, K. N., Widodo, S., & Murni, T. (2022). Studi Tentang Akuntabilitas, Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Dan Kualitas Layanan Pendidikan Di SMA Negeri Kabupaten Kaur Yang Terakreditasi A, B, Dan C. The Manager Review : Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 129–154. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.25835
Hastina, Safiltri, D. A., Ramadhan, & Andika. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Akuntabilitas Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Mappesona, 2(2), 1–11. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/873
Maliki, B. I. (2020). Peranan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Tarbawi, 8(2), 163–176. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v8i2.66
Marlisa, R., Fuadi, R., & Adria, A. (2024). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. Jimeka : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 9(2), 107–117. https://doi.org/10.24815/jimeka.v9i2.26865
Nurdiani, M. S., & Nugraha. (2018). Analisis Transparansi dan Akuntablitias Pengelolaan Dana Sekolah. JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 49–60. https://doi.org/10.17509/jpak.v6i1.15831
Oktavia, D., Trihantoyo, S., & Windasari. (2023). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SDN Tambaksari I. Journal on Education, 5(4), 16371–16378. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2790
Oktavianatun, A., & Nugraheni, N. (2024). Analisis Perkembangan Pendidikan Berkualitas Sebagai Upaya Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Socius : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 113–118. https://doi.org/10.5281/zenodo.11181016
Rachman, D., Setiawan, D., & Nugraha, R. M. T. (2022). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SMA Sasama. Akurat : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 13(3), 73–86. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/1064
Rachmawati, U. (2023). Penerapan Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana BOS Dalam Program RKAS DI SDN Made 1 Surabaya. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(2), 212–219. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.442
Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 98–107. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2010
Ramdhani, R. F. (2022). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). JTKP : Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 4(2), 95–104. https://doi.org/10.17509/jtkp.v4i2.61437
Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGS). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3622
Saisarani, K. G. P., & Sinarwati, N. K. (2021). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMA Negeri 4 Singaraja Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 11(2), 340–348. https://doi.org/10.23887/jiah.v11i2.34447
Susanti, P., & Nafi’ah, B. A. (2022). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Sendangharjo Ngasem Kabupaten Bojonegoro. JPD : Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 123–132. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.34167
Variani, H., Qadri, H. Al, & Nellitawati. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sebuah Satuan Pendidikan. Academy of Education Journal, 15(1), 991–1000. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2356
DOI: https://doi.org/10.56486/remittance.vol5no2.517
Article Metrics
Abstract view : 65 timesPDF - 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TERINDEKS OLEH :






