ANALISIS KOMPARATIF SVM DAN K-MEANS DALAM DATA MINING UNTUK PROMOSI PERGURUAN TINGGI

Salma Trisya Amanda, Keiysha Berlianindita Aliano, Azwin Jahid Al farizi, Wildan Aprizal Arifin

Abstract


This study aims to compare the effectiveness of two data mining algorithms, namely Support Vector Machine (SVM) and K-Means Clustering, in supporting the promotional strategies of higher education institutions. This research is a qualitative study employing a literature review method, which involves examining two previous papers: the application of SVM at Universitas PGRI Semarang to predict new student re-registration, and the use of K-Means at STMIK Bina Bangsa Kendari for student segmentation based on academic data. The results show that SVM is effective for classification-based predictions, such as determining the characteristics of prospective students who are likely to re-register. Meanwhile, K-Means excels in grouping students based on hidden patterns, such as GPA and school of origin, to support market segmentation. The combination of these two approaches has the potential to strengthen data-driven promotional strategies, both in terms of predicting prospective student behavior and identifying potential academic segments. However, each algorithm has technical limitations that must be considered when applying it. With the proper method selection, SVM and K-Means can be complementary analytical tools in increasing the effectiveness of higher education promotion.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas dua algoritma data mining yaitu Support Vector Machine (SVM) dan K-Means Clustering dalam mendukung strategi promosi institusi pendidikan tinggi. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan metode kajian pustaka dengan mengkaji dua makalah terdahulu yaitu penerapan SVM di Universitas PGRI Semarang untuk memprediksi registrasi ulang mahasiswa baru, dan penggunaan K-Means di STMIK Bina Bangsa Kendari untuk segmentasi mahasiswa berdasarkan data akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SVM efektif untuk prediksi berbasis klasifikasi, seperti menentukan karakteristik calon mahasiswa yang cenderung melakukan registrasi ulang. Sementara itu, K-Means unggul dalam mengelompokkan mahasiswa berdasarkan pola yang tersembunyi, seperti IPK dan asal sekolah, guna mendukung segmentasi pasar. Kombinasi kedua pendekatan ini berpotensi memperkuat strategi promosi berbasis data, baik dari sisi prediksi perilaku calon mahasiswa maupun identifikasi segmen akademik potensial. Meski demikian, masing-masing algoritma memiliki keterbatasan teknis yang perlu diperhatikan dalam penerapannya. Dengan pemilihan metode yang tepat, SVM dan K-Means dapat menjadi alat analitik yang saling melengkapi dalam meningkatkan efektivitas promosi perguruan tinggi.


Full Text:

PDF

References


Aisah, I. S., Irawan, B., & Suprapti, T. (2023). Algoritma Support Vector Machine (SVM) Untuk Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Al Qur’an Digital. JATI : Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 7(6), 3759–3765. https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.8263

Handayanto, A., Latifa, K., Saputro, N. D., & Waliyansyah, R. R. (2019). Analisis dan Penerapan Algoritma Support Vector Machine ( SVM ) dalam Data Mining untuk Menunjang Strategi Promosi. JUITA: Jurnal Informatika, 7(2), 71–79. https://doi.org/10.30595/juita.v7i2.4378

Hasibuan, R. A., Afendi, F. M., & Wigena, A. H. (2025). Perbandingan Metode Particle Swarm Optimization dan Artificial Bee Colony pada Support Vector Machine. JEPIN : Jurnal Edukasi & Penelitian Informatika, 11(1), 158–168. https://doi.org/10.26418/jp.v11i1.91235

Nas, C. (2021). Data Mining Prediksi Minat Calon Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma C4.5. JAMIKA : Jurnal Manajemen Informatika, 11(2), 131–145. https://doi.org/10.34010/jamika.v11i2.5506

Nurhalimah, E., & Mulyani, A. (2022). Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan: Analisis Peran dan Tantangan di Era Modern. Maslahah : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 45–59. https://jurnal.padhaku.ac.id/index.php/maslahah/article/view/251

Rahmalinda, N. A., & Jananto, A. (2022). Penerapan Metode K-Means Clustering Dalam Menentukan Strategi Promosi Berdasarkan Data Penerimaan Mahasiswa Baru. Teknokompak, 16(2), 163–175. https://doi.org/10.33365/jtk.v16i2.1971

Romero, C., & Ventura, S. (2020). Educational data mining and learning analytics: An updated survey. Wires: Data Mining & Knowledge Discovery, 10(3), e1355. https://doi.org/10.1002/widm.1355

Sibarani, R., & Chafid. (2018). Algorithma K-Means Clustering Strategi Pemasaran Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Satya Negara Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Cendikiawan, 44–50. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.3512

Silalahi, N. (2020). Penentuan Strategi Promosi Universitas Budi Darma Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(1), 40–46. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/361

Sunardi, L., & Tuarita, M. (2022). Penerapan Framework Codeigniter 4 Pada Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB ) Universitas Bina Insan Lubuklinggau. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.32502/digital.v5i1.5744

Torence, A., Ramadhan, M., & Ginting, E. F. (2023). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Dalam Pengelompokkan Data Penerima Vaksinasi Covid-19. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (JURSI TGD), 2(3), 482–488. https://doi.org/10.53513/jursi.v2i3.6829

Zidane, M. Y., Sari, B. N., Maulana, I., Primaya, A., & Garno. (2025). Penerapan Data Mining Dalam Klasifikasi Data Transaksi Produk Koperasi di SMK PGRI 2 Karawan. JATI : Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 9(1), 263–269. https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12196




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol5no2.869

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :

Â