SISTEM REKOMENDASI PENJUALAN CROSS-SELLING POTENSIAL DENGAN PENDEKATAN DATA MINING
Abstract
The COVID-19 pandemic has significantly changed various sectors, including the healthcare and pharmaceutical industries. During the pandemic, Sisma Pharma Outlet Jakarta experienced a significant increase in sales. However, after the pandemic, several products experienced a decline in sales, causing potential losses due to expired products. This study uses a data mining approach to design a cross-selling sales recommendation system at Sisma Pharma Outlet Jakarta. The approach can help maximise product sales by identifying combinations that are often purchased together. The methods used in this study include collecting sales transaction data, data preprocessing, and applying a apriori algorithms to find purchasing patterns. The result of this study is a recommendation system that can provide suggestions for additional products that have the potential to be purchased together with the main product, thereby increasing sales opportunities and minimising expired products.
Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan signifikan pada berbagai sektor termasuk industri kesehatan dan farmasi. Selama pandemi, Outlet Sisma Pharma Jakarta mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Namun, pasca pandemi, beberapa produk mengalami penurunan penjualan, menyebabkan potensi kerugian akibat produk kadaluarsa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem rekomendasi penjualan cross-selling pada Outlet Sisma Pharma Jakarta dengan menggunakan pendekatan data mining. Pendekatan dapat membantu dalam memaksimalkan penjualan produk dengan mengidentifikasi kombinasi produk yang sering dibeli bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data transaksi penjualan, preprocessing data, dan penerapan algoritma apriori untuk menemukan pola pembelian. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem rekomendasi yang mampu memberikan saran produk tambahan yang potensial dibeli bersama produk utama, sehingga meningkatkan peluang penjualan dan meminimalkan produk kadaluarsa.
Full Text:
PDFReferences
Apris, & Dahmiri. (2021). Relationship Marketing dan Cross Selling Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(2), 207–218. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.12631
Martínez-Plumed, F., Contreras-Ochando, L., Ferri, C., Hernández-Orallo, J., Kull, M., & Lachiche, N. (2021). CRISP-DM Twenty Years Later: From Data Mining Processes to Data Science Trajectories. IEEE Transactions on Knowledge and Data Engineering, 33(8), 3048–3061. https://doi.org/10.1109/TKDE.2019.2962680
Noersanti, L., Juniarti, J., Akhmadi, A., & Sapta B, G. (2021). Pandemi COVID-19 : Tantangan, Dampak Sosial Ekonomi Serta Potensi Solusi. PROGRESIF: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.36406/progresif.v1i1.407
Ordila, R., Wahyuni, R., Irawan, Y., & Sari, M. Y. (2020). Penerapan Data Mining Untuk Pengelompokan Data Rekam Medis Pasien Berdasarkan Jenis Penyakit Dengan Algoritma Clustering (Studi Kasus : Poli Klinik PT.Inecda). Jurnal Ilmu Komputer, 9(2), 148–153. https://doi.org/10.33060/JIK/2020/Vol9.Iss2.181
Rianti, A., Majid, N. W. A., & Fauzi, A. (2023). CRISP-DM: Metodologi Proyek Data Science. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Bisnis (SENATIB), 107–114. https://ojs.udb.ac.id/index.php/Senatib/article/view/3015
Sabarudin, S., Ihsan, S., Kasmawati, H., Mahmudah, R., & Pebriana, E. (2021). Covid-19 Pandemic’s Impact on The Drug Management and Drug Availability at Puuwatu Health Center, Kendari City. Jurnal Farmasi Sains Dan Praktis, 7(3), 306–312. https://doi.org/10.31603/pharmacy.v7i3.6129
Sakdiyah, N., Jariyah, M., & Fitriyah, H. (2022). Systematic Review Program Pemasaran Cross Selling Perusahaan Waralab Pada Masa Pandemi. Media Mahardhika : Media Komunikasi Ekonomi Dan Manajemen, 20(3), 454–460. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i3.383
Saragih, S. D. (2021). Analisa Pola Penjualan Alat Pancing Menggunakan Algoritma Apriori. JMApTeKsi : Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 3(3), 78–83. https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/jmapteksi/article/view/3340
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384–388. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
Yani, A., Azmi, Z., & Suherdi, D. (2023). Implementasi Data Mining Menganalisa Data Penjualan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. JURSI TGD : Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma, 2(2), 315–323. https://doi.org/10.53513/jursi.v2i2.6357
DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol4no1.801
Article Metrics
Abstract view : 32 timesPDF - 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TERINDEKS OLEH :






