OPTIMALISASI PEMASARAN DESTINASI WISATA BUKIT ASLAN MELALUI PEMBUATAN PLATFORM BERBASIS WEB

Yuli Syafitri, Reni Astika, Didi Susianto

Abstract


Aslan Hill is a new natural tourist location in Bandar Lampung that presents hills with Instagrammable photo sports facilities. Aslan Hill has an attractive natural beauty that makes tourists amazed by the beauty of the hill. However, Aslan Hill does not have a website for marketing that presents information, facilities, and services so that tourist destinations can be recognized and crowded with visitors. This research aims to build a web application to introduce Bukit Aslan destinations using the Extreme Programming (XP) method. This research has stages of planning, coding, and testing. Creating a tourist destination application program using PHP, MYSQ, and Web Online. The system development tool used is Unifed Modeling Language (UML), which consists of a use case, an activity diagram, and a class diagram. The results of the research conducted at Bukit Aslan are to produce a tourist destination and ticket booking application for Bukit Aslan that can be used for the process of entering tourist destinations needed by the Aslan hill tour manager.

Bukit Aslan merupakan lokasi wisata alam baru di Bandar lampung yang menyajikan perbukitan dengan fasilitas sport foto yang intagramnable. Wisata bukit Aslan memiliki pesona alam yang menarik membuat wisatawan terpukau dengan keindahan bukit. Namun Bukit Aslan belum memiliki website yang menjadi media pemasaran yang menyajikan informasi, fasilitas dan layanan sehingga lokasi destinasi wisata dapat dikenal dan ramai pengunjung. Penelitian ini bertujuan menghasilkan platform berbasis web yang mampu memasarkan destinasi wisata Bukit Aslan dengan menggunakan metode Extreme Programming (XP). Dalam penelitian ini mempunyai tahapan-tahapan yaitu planning, coding, dan testing. Pembuatan program aplikasi destinasi wisata menggunakan PHP, MYSQ, Web Online. Alat pengembangan sistem yang digunakan adalah Unifed Modelling Language (UML. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Bukit Aslan ini adalah menghasilkan aplikasi Destinasi Wisata dan Pemesanan Tiket masuk Bukit Aslan yang dapat digunakan untuk proses masuk ke destinasi wisata yang dibutuhkan oleh pengelola wisata bukit Aslan.


Full Text:

PDF

References


Anardani, S., & Putera, A. R. (2019). Analisis Pengujian Sistem Informasi Website E-Commerce Manies Group Menggunakan Metode Blackbox Functional Testing. Prodising Seminar Nasional Hasil Penelitian.

Djou, J. A. G. (2013). Pengembangan 24 Destinasi Wisata Bahari Kabupaten Ende. Kawistara : Jurnal Imiah Sosial Dan Humaniora, 3(1), 12–23. https://doi.org/10.22146/kawistara.3958

Islah, M., Rosadi, A., & Haryanti, T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Nomer Antrian Berbasis Web (Studi Kasus: Kecamatan Sukolilo). Computing Insight : Journal of Computer Science, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30651/ci:jcs.v3i1.9134

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.

Sukmawati, & Susianto, D. (2019). Perancangan Sistem Pemesanan E-Tiket Pada Wisata di Lampung Berbasis Web Mobile. Onesismik : Jurnal Onlie Mahasiswa Sistem Informasi Dan Akuntansi, 2(2), 60–71.

Supriyatna, A. (2015). Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework. Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 43–52.

Syafitri, Y., Astika, R., & Rahayu, L. S. E. E. (2022). Pengembangan Aplikasi Pelelangan Menggunakan Framework Codeigniter Berbasis Web. JIK : Jurnal Infiormasi Dan Komputer, 10(2), 1–7. https://doi.org/10.35959/jik.v10i2.381

Zakiah, S., Alhadihaq, M. Y., & Hermana, D. (2023). Memberdayakan Wisatawan: Memanfaatkan Kekuatan Pemasaran Digital untuk Pembangunan Pedesaan Pariwisata yang Berkelanjutan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3271–3287. https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2637




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol4no2.563

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :