SISTEM PENGOLAHAN DATA SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DI SEKRETARIAT DIREKTORAT JENDRAL BINA UPAYA KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

Jelman Nasri, Taufiqurrochman Taufiqurrochman, Debbie Fitry

Abstract


The implementation of bureaucratic reform in government is accelerated by the implementation of e-government technology. Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan (Setditjen BUK) uses a manual office administration system. It requires a lot of office stationery supplies, time, and energy to process documents to distribute. Another problem is that searching for documents is difficult. The research objective is to build an incoming mail and outgoing mail data processing system that can convey information in detail, briefly and clearly, easy to understand with an attractive appearance. The data collection methodology used is observation by looking directly at the workings of the sections related to recording the results of activities, and also seeing firsthand the system that works in e-office data processing. In addition, the interview method is used to find out the problems that arise or are experienced by research sources. The result is the design of incoming and outgoing mail data processing applications with complete information delivery according to user needs.

Akselerasi penerapan reformasi birokrasi di pemerintahan dapat dipercepat dengan implementasi teknologi e-government.  Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan (Setditjen BUK) masih menggunakan sistem administrasi perkantoran manual. Membutuhkan banyak persediaan alat tulis kantor, waktu dan tenaga dalam proses pendistribusian dokumen. Masalah lainnya pencarian dokumen masih sulit. Tujuan penelitian adalah untuk membangun sistem pengolahan data surat masuk dan surat keluar yang dapat menyampaikan informasi secara detail, singkat dan jelas, mudah dipahami dengan tampilan yang menarik. Metodologi pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan melihat langsung cara kerja bagian yang terkait dengan pencatatan hasil-hasil kegiatan yang dilakukan, dan juga melihat secara langsung sistem yang bekerja dalam pengolahan data e-office. Selain itu digunakan metode wawancara untuk mengetahui masalah yang timbul atau dialami oleh narasumber penelitian. Hasilnya tersedia rancangan aplikasi pengolahan data surat masuk dan surat keluar dengan penyampaian informasi secara lengkap sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, I., Khairunnisa H, N., & Setiasih, N. (2023). Application of ICT to Improve the Quality of Learning for Elementary School Children. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 189–196. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71078

Febriantoro, W. (2018). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(2), 184–207. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.10441

Handayani, N. L. P. P. V., & Putra, I. N. T. A. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Website pada Setum Polda Bali. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), 44–61. https://doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22190

Izzati, N. N., & Marsofiyati. (2019). Penerapan E-Office Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Bisnis Perusahaan. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 160–164. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.1436

Krissetyanti, E. P. L. (2013). Penerapan Strategi Manajemen Talenta dalam Pengembangan PNS. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 7(1), 1–15.

Mardiyati, S. (2020). Sistem Pengelolahan Data Surat Masuk dan Surat Keluar Kelurahan Curug. Jurnal Inovasi Informatika, 5(1), 11–23. https://doi.org/10.51170/jii.v5i1.28

Rahmah, D. L. (2014). Perancangan Aplikasi Sistem Persuratan Berbasis Web Pada PT. Dwi Pilar Pratama. Faktor Exacta, 7(3), 282–292. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v7i3.278

Salsabila, N. P., & Mayarni, M. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Menuju Smart City Madani Di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Reformasi, 11(2), 109–119. https://doi.org/10.33366/rfr.v11i2.2596




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol4no1.430

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :