SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PENGERJAAN ORDER BERDASARKAN PENILAIAN DAN PENGELOMPOKAN PELANGGAN PADA PT ABSOLUTE AKUSTIK INDONESIA

Dhila Franzely Dhimas Putra, Tati Sukmawati, Nur Lili Anggrayani

Abstract


A Decision Support System is an information system to help management in the decision-making process. Since the beginning of PT. Absolute Akustik Indonesia has carried out many order transaction processes for customers. The large amount of data stored makes the data classification even more numerous. The system that runs at the company in planning and supervising production does not have a priority system for processing customer orders. The problems in order determining priorities are caused by many orders at the same time by recording them in the book without any given criteria. The formulation of the problem in this research is how to design a customer assessment and grouping system to support decisions in determining order priorities. The results, the customer assessment, and the grouping system to support decisions in determining order priorities are running as planned.

Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem informasi yang diharapkan dapat membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Sejak awal berdirinya PT. Absolute Akustik Indonesia telah melakukan banyak proses transaksi pelanggannya. Banyaknya data yang tersimpan tersebut membuat pengklasifikasian data menjadi lebih banyak pula. Sistem yang bejalan pada perusahaan dalam perencanaan dan pengawasan produksi, tidak mempunyai system prioritas pengerjaan order pelanggan. Kesulitan dalam menentukan prioritas order diakibatkan permintaan yang banyak di waktu yang sama dengan melakukan pencatatan ke dalam buku tanpa adanya kriteria – kriteria yang dipertimbangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana rancangan sistem penilaian dan pengelompokkan pelanggan untuk mendukung keputusan dalam menentukan prioritas order. Hasil dari rancangan sistem penilaian dan pengelompokkan pelanggan untuk mendukung keputusan dalam menentukan prioritas order yang dibuat berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan.


Full Text:

PDF

References


Alukadinata, A., Firdaus, M., & Ristiawan, R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Handphone di Forza Mufid Perdana Selular. JIST: Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(7), 1100–1111. https://doi.org/10.36418/jist.v2i7.192

Bahri, S., Wajhillah, R., & Arif, F. dasya. (2020). Penerapan Fuzzy MADM dalam Penentuan Karyawan Terbaik Berbasis Mobile Android ( Studi Kasus : RSI Assyifa Sukabumi ). Multinetics, 6(2), 157–164.

Dharmalau, A., & Hiswara, I. (2021). Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Standar Karyawan Toko. Teknologi Technoscientia, 13(2), 152–157. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v13i2.3188

Harsiti, H., & Aprianti, H. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone dengan Menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW). JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 4(0), 19–24. https://doi.org/10.30656/jsii.v4i0.372

Indrayani, H. (2012). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan. Jurnal El-Riyasah, 3(1), 48–56.

Nufus, H., Diharjo, W. S., & Solikin, A. (2016). Penilaian Kinerja Karyawan Dengan menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighted(FSAW). Journal of Mathematics Science and Education, 1(1), 125–136.

Pamuji, A. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima “ Award ” Di Agen Tiket on -Line Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Faktor Exacta, 8(1), 1–13.

Septian, M. R. N., & Purnomo, A. S. (2017). Sistem Penilaian Pegawai Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Weighted Product (WP). JMAI: Jurnal Multimedia Dan Artificial Intelligence, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.26486/jmai.v1i1.49

Sholikhah, F., Satyareni, D. H., & Anugerah, C. S. (2016). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pelanggan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Bravo Supermarket Jombang. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 40–50. https://doi.org/10.26594/register.v2i1.444

Simanihuruk, R. M. S., Boy, A. F., & Yakub, S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Customer Potensial Pada PT. KaryaTama Teknika Menggunakan Metode Vise Kriterijumska Optimizajika Kompromisno Resenje (VIKOR). Cyber Tech, 2(9), 1–14. https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.2268

Suhanda, Y., Winarno, H., & Alfiandi. (2023). Penerapan Metode Fuzzy Pada Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Toko Mas Citra. Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 03(01), 1–7. https://doi.org/10.56486/jris.vol3no1.297




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol4no1.427

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :