IMPLEMENTASI METODE FIRST COME FIRST SERVE PADA SISTEM INFORMASI ANTRIAN PELAYANAN PEGADAIAN MENGGUNAKAN WEBSITE

Andy Dharmalau, Indra Hiswara, Noviana Martiningsih

Abstract


One of the services businesses currently developing is pawnshop services. One of the business actors in the pawnshop business is PT. Pegadaian is a State-Owned Enterprise (BUMN) company. One of them is the North Jakarta branch of the Kelapa Gading pawnshop. Daily operational activities in this Pegadaian business unit are not optimal for servicing the customers. It realized plenty of customer queues piling up when making transactions. A solution is needed to overcome this problem. This research aims to design a queue-based service information system applying the First Come First Serve (FCFS) method. With this designed system, customers come first and will be served first. The results of the tests show that the system design is running well according to plan. It is hoped that the existence of a service application with a queue can improve service quality and operational performance.

Bisnis jasa pelayanan yang berkembang pada saat ini salah satunya jasa pelayanan pegadaian. Salah satu pelaku usaha dalam bisnis pegadaian ini adalah PT. Pegadaian, merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satunya kantor pegadaian cabang Kelapa Gading Jakarta Utara.  Kegiatan operasional sehari-hari di unit usaha Pegadaian ini belum maksimal dalam pelayanannya kepada pelanggan. Hal ini terlihat dari banyaknya penumpukan antrian pelanggan pada saat melakukan transaksi.  Melihat permasalahan yang terjadi, dibutuhkan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang sistem informasi pelayanan dengan antrian berbasis metode First Come First Serve (FCFS). Sehingga dengan sistem yang dirancang ini, pelanggan datang pertama akan dilayani terlebih dahulu. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan pada rancangan sistem berjalan dengan baik sesuai dengan rencana. Adanya aplikasi pelayanan dengan antrian ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja di dalam operasionalnya


Full Text:

PDF

References


Botutihe, K., Sumarauw, J. S. ., & Karuntu, M. (2018). Analisis Sistem Antrian Teller Guna Optimalisasi Pelayanan Pada PT. Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Unit Kampus Manado. Jurnal EMBA, 6(3), 1388–1397. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20223

Dharmalau, A., Suhanda, Y., & Nurlaela, L. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Purna Jual Berbasis Customer Relationship Management. Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma(JRIS), 01(01), 1–8.

Dur, S., & Rumaida, R. (2022). Utilitas Sistem Antrian Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Batangtoru. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420. https://doi.org/10.31604/jips.v9i6.2022.1933-1939

Farkhan, F., Hendikawati, P., & Arifudin, R. (2013). Aplikasi Teori Antrian dan Simulasi pada Pelayanan Teller Bank. UNNES Journal Of Mathematics, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.15294/UJM.V2I1.1717

Fathony, R., Muradi, M., & Sagita, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 9(2), 118–130. https://doi.org/10.34010/agregasi.v9i2.5581

Fatimah, Arfianty, & Agustina, N. (2021). Utilitas Sistem Antrian Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Rappang. Economos : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 89–97. https://doi.org/10.31850/economos.v4i2.819

Nafik, A. R., & Astuti, Y. P. (2017). Perbandingan Waktu Tunggu Rata-Rata Nasabah Pada Pelayanan Teller Bank Menggunakan Metode FCFS Dan SPF. Jurnal Ilmiah Matematika, 3(6), 116–123.

Najwaini, E., Pratomo, A., Arisanti, E. A., & Mutia Mariska. (2016). Aplikasi Pelayanan Pelanggan Berbasis Android Pada PDAM Kota Banjarmasin. Positif, 2(1), 21–27.

Sari, N. P., Sugito, & Warsito, B. (2017). Penerapan Teori Antrian Pada Pelayanan Teller Bank X Kantor Cabang Pembantu Puri Sentra Niaga. Gaussian, 6(1), 81–90. https://doi.org/10.14710/j.gauss.6.1.81-90

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Zulaikha, D., & Handayanto, A. (2021). Aplikasi Sistem Nomer Antrian Nasabah Berbasis Web di PT Pegadaian (Persero) UPC Rejosari Kendal. Science and Engineering National Seminar, 6(1), 337–343.




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol4no1.401

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :