RANCANGAN WEBSITE SISTEM E-GOVERNMENT PELAYANAN DAN PERMOHONAN SURAT ONLINE “SIPADU”

RC Esti Nursumaryanti, Luluk Harjanto, Nofa Riski Adriansyah

Abstract


Public service is the fulfillment of the desires and needs of society by state administrators. Public service activities at RW 04 Kapuk Poglar West Jakarta include citizen data collection, monitoring, community services, and activity information. Until now, the process of public services implementation still uses records through books and paper, so that the information provided is not conveyed to all residents of RW 04. A website-based information system is required to meet these needs. The application of e-government plays a critical role in improving the quality of public services and can overcome existing problems. The purpose of this study was to design a website-based service information system and application letter "sipadu" at RW 04 Kapuk Poglar. The type of research used is qualitative research, while data collection is carried out by field studies using observational data collection techniques, interviews, and literature study. The result is a system that can simplify and speed up the process of making letters and processing community administrations.

Pelayanan publik merupakan pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat oleh penyelenggara negara. Kegiatan pelayanan publik di RW 04 Kapuk Poglar Jakarta Barat diantaranya kegiatan pendataan warga, pemantauan dan pelayanan masyarakat serta informasi kegiatan. Hingga saat ini proses pelayanan publik yang dilakukan masih menggunakan pencatatan melalui buku dan kertas, sehingga informasi yang diberikan ada yang tidak tersampaikan ke seluruh warga RW 04.  Dibutuhkan sistem informasi berbasis website yang dapat memenuhi kebutuhan kebutuhan tersebut. Penerapan e-government pada sektor pemerintahan sangat berperan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan dapat mengatasi masalah yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi pelayanan dan permohonan surat online “sipadu” di RW 04 kapuk poglar berbasis website. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan menggunakan teknik pengumpulan data pengamatan, wawancara dan studi pustaka. Hasilnya berupa sistem yang dapat mempermudah dan mempercepat proses pelayanan pembuatan surat maupun pengolahan administrasi kependudukan.


Full Text:

PDF

References


Abdussalaam, F., & Saputra, S. A. (2018). Perancangan Sistem Informasi Complaint Management Dengan Metode Rad Menggunakan Framework Laravel. Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 2(2), 54–68. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v2i2.94

Asqia, M., & Nabarian, T. (2021). Pemanfaatan Google Sheets dan Google Form untuk Layanan Administrasi Mahasiswa Menggunakan Konsep Electronic Service Quality. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(1), 15–22. https://doi.org/10.54914/jtt.v7i1.339

Damayanti, D., Yulistyanti, D., & Surajiyo, S. (2022). Perancangan Sistem Pendataan Imunisasi Pada Posyandu Wijaya Kusuma. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 1067–1073. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5854

Fahlefi, Z. (2014). Penerapan Teknologi Informasi Bagi Pelaksanaan Pelayanan Publik (Studi Kasus pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda). Paradigma, 3(2), 155–166.

Fitriansyah, A., & Nur, I. A. (2021). Peningkatan Kualitas Layanan Surat Pengantar RT Melalui Pembuatan Aplikasi Daring SIP-RT. JAM-TEKNO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tekno, 2(1), 45–49.

Hunaifi, N., Hikmah, A. B., & Nurhasan, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Dan Permohonan Surat Online “Sipadu” Di Tingkat Kecamatan Berbasis Web. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(1), 40–51.

Oktaviana, F., Hanidian, O., Aji, B. S., & Baihaqi, I. (2020). Pelayanan Administrasi Desa Berbasis Online Di Desa Paremono. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 49. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3205

Rahman, M. (2016). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Kependudukan Di Kecamatan Tembilahan Hulu Berbasis Web. Selodang Mayang : Jurnal BAPPEDA, 2(2), 126–133. https://doi.org/10.36448/jsit.v4i2.536

Salsabila, N. P., & Mayarni, M. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Menuju Smart City Madani Di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Reformasi, 11(2), 109–119. https://doi.org/10.33366/rfr.v11i2.2596

Siwi, G. R., & Sulianta, F. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Layanan Administrasi Desa Berbasis Website. Syntax Idea, 4(10), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol3no2.352

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :