PENERAPAN E-CRM DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI EKSPEDISI BARANG PADA PT. CAHAYA CEMERLANG

Indra Hiswara, Abdul Aziz Effendy, Hansel Jethro

Abstract


PT Cahaya Cemerlang is engaged in the delivery of goods and documents to all corners of Indonesia. Increasing competition in the business world, makes companies think of an appropriate strategy, in order to win the competition. One of them is by creating a close relationship between companies and consumers by providing a fast and precise administrative service system. We need a system that can handle this problem by creating a website-based application using E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). The formulation of the problem is how to design a system to improve its performance so that this expedition system can be superior. The purpose of this research is to design the delivery of goods so that it is more organized and can run well by using E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). The result is an application that is made according to plan, which can be accessed by both the company and the customer.

PT Cahaya Cemerlang yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang dan dokumen ke seluruh pelosok Indonesia. Meningkatnya kompetisi di dalam dunia bisnis, membuat perusahaan memikirkan sebuah strategi yang tepat, agar dapat memenangkan kompetisi tersebut. Salah satunya dengan membuat hubungan yang dekat antar perusahaan dengan konsumen dengan memberikan sistem pelayanan yang cepat dan tepat administrasi.  Dibutuhkan suatu sistem yang dapat menangani masalah tersebut dengan membuat aplikasi berbasis website dengan menggunakan E-CRM (Electronic Customer Relationship Management). Tujuan penelitan adalah untuk merancang suatu sistem pengiriman barang guna meningkatkan kinerja sistem sehingga sistem ekspedisi ini dapat lebih unggul.  Hasilnya sebuah aplikasi yang dibuat sesuai dengan rencana yaitu dapat diakses baik oleh perusahaan dan customer


Full Text:

PDF

References


Buttle, F. (2009). Service management and marketing: a customer relationship management approach (2nd ed.). Burlington, USA: Elsevier.

Dharmalau, A., Suhanda, Y., & Nurlaela, L. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Purna Jual Berbasis Customer Relationshi Management. Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma(JRIS), 01(01), 1–8.

Hidayat, R. (2014). Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan. Sisfotek Global, 4(2), 3.

Hiswara, I., Fitri, R., Cahyadi, C., Informatika, P. T., & Teknologi, F. (2022). Perancangan Media Promosi PT. Sinar Laut Mandiri Berbasis Web. Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma ( JRIS ), 2(1), 48–54.

Rahmatuloh, M., & Rizky Revanda, M. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Pada Pt. Haluan Indah Transporindo Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 54–59.

Sutra, A., Effendy, I., & Ariandi, M. (2020). Sistem Informasi Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Berbasis Mobile Menggunakan Metode Madlc. Bina Darma Conference on Computer Science, 70–82.

Vikasari, C. (2018). Sistem Informasi Manajemen Pada Jasa Expedisi Pengiriman Barang Berbasis Web. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 4(2), 123–132.

https://doi.org/10.35957/jatisi.v4i2.94

Yulianti, E., Destriana, G. P., & Sukemi, S. (2018). Sistem Informasi Pengiriman Barang Pada PT. Vira Surya Utama Palembang. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 9(1), 7–13. https://doi.org/10.36982/jig.v9i1.438




DOI: https://doi.org/10.56486/jris.vol3no2.320

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TERINDEKS OLEH :